Begini Cara Klub Penyelam Ini Rayakan Hari Jadi ke-688 Bone

Tim BSDC yang berjumlah 40 menyelam usai menempuh sekitar 30 menit dari destinasi Tanjung Pallette.

Begini Cara Klub Penyelam Ini Rayakan Hari Jadi ke-688 Bone
HANDOVER
Bone Science Diving Club (BSDC) punya cara tersendiri memperingati Hari Jadi Bone (HJB) ke-688 yang jatuh pada tanggal 6 April lalu. 

Laporan Wartawan TribunBone.com, Justang M

TRIBUNBONE.COM, TANETE RIATTANG TIMUR - Bone Science Diving Club (BSDC) punya cara tersendiri memperingati Hari Jadi Bone (HJB) ke-688 yang jatuh pada tanggal 6 April lalu.

Sebanyak 40 orang tergabung dalam Klub selam binaan Politeknik Kelautan dan Perikanan Bone itu merayakan HJB di bawah laut Tanjung Pallette, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Sabtu (7/4/2018).

Tim BSDC yang berjumlah 40 menyelam usai menempuh sekitar 30 menit dari destinasi Tanjung Pallette.

Ketua BSDC Politeknik Kelautan dan Perikanan Bone Awaluddin menuturkan, di bawah laut pihaknya membentangkan spanduk ucapan selamat hari jadi Bone sambil menggunakan songkok tau Bone.

"Menyelam dengan menggunakan adat Bone adalah upaya memperteguh kebersamaan siatting lima, bahwa meskipun kami berasal dari latar belakang agama, budaya, dan bahasa yang berbeda namun Bone mempersatukan kami dalam bingkai sumange teallara," kata Awaluddin kepada tribunbone.com, Minggu (8/4/2018).

Baca: VIDEO: Kisah Kerajaan Bone dan Hari Jadi Bone ke-688

Tak hanya menyelam sambil mengenakan aksesoris adat Bone, tim penyelam juga melakukan kegiatan seperti Coral Transpalantation (transpalantasi karang), Beach Cleaning (bersih-bersih pantai), dan Praying In The Water (berdoa di bawah air).

Ia menjelaskan transpalantasi karang menggunakan media ikat dari botol kaca bekas yang ditanam dalam cor semen.

"Penggunaan botol bekas sebagai media tanam sudah dilakukan tim peneliti program studi teknologi kelautan Bone, hasilnya karang dapat tumbuh dengan baik sekitar Tanjung Pallette,"jelasnya

Pjs Bupati Bone A Bakti Haruni mengapresiasi kegiatan kreatif yang dilakukan oleh BSDC.

"Saya sungguh mengappresiasi ini acara, sangat kreatif, kegiatannya bermanfaat dan menggugah, tidak banyak orang punya perhatian seperti ini, Bravo komunitas diving bone," kata A Bakti saat dimintai tanggapannya.

Bone Science Diving Club merupakan klub selam yang dibentuk pada 6 April 2016 selain untuk  menyalurkan hobi menyelam juga mendukung kegiatan bersifat ilmiah.(*)

Penulis: Justang Muhammad
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved