ASN Gowa Sumbangkan Rp 140 Juta Renovasi Masjid dalam Kantor Bupati

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan melakukan peletakan batu pertama, Jumat (6/4/2018),

Penulis: Waode Nurmin | Editor: Anita Kusuma Wardana
ASN Gowa Sumbangkan Rp 140 Juta Renovasi Masjid dalam Kantor Bupati
HANDOVER
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat melakukan peletakan batu pertama, Jumat (6/4/2018),

Laporan Wartawan Tribun Timur Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA- Ratusan ASN di lingkup Pemkab Gowa berhasil mengumpulkan Rp 140 juta lebih dana yang disisihkan dari tunjangan penambahan penghasilan (TPP) untuk renovasi Masjid Nurul Yasin yang berada dalam kawasan Kantor Bupati Gowa.

Ratusan juta itu terkumpul dari sumbangan kurang lebih 700 pegawai.

Menurut Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat melakukan peletakan batu pertama, Jumat (6/4/2018), mengatakan jika dana yang dibutuhkan diestimasi mencapai Rp 1,203 miliar.

"Anggaran pembangunan Masjid Nurul Yasin ini totalnya Rp 1,203 miliar dan itu bukan bersumber dari APBD Gowa, semuanya total sumbangan baik itu pegawai Pemkab Gowa, perusahaan swasta dan masyarakat penderma," ujarnya.

Adnan melanjutkan khusus sumbangsih para ASN Pemkab Gowa (non guru) semua diwajibkan menyumbang sedikit penghasilannya yang diperoleh melalui TPP.

"Sumbangan diwajibkan namun untuk nilainya dari keikhlasan, biar Rp 5.000 silakan, dan kalau masih mau menyumbang lagi, silakan," lanjutnya.

Rencananya masjid ini diharapkan bisa selesai dalam waktu empat bulan saja. Lebih cepat dari target Dinas PU yang capai enam bulan.

Renovasi Masjid Nurul Yasin ini menurut bupati adalah salah satu wujud nyata pendukung agar pegawai bisa menggunakan masjid sesuai waktu istirahat yang diberlakukan sampai tiga kali.

"Kita di Pemkab Gowa ini telah menerapkan TPP dan Gowa yang pertama di Sulsel berlakukan TPP ini. Dalam penjabaran TPP ini ada kebijakan istrahat bagi ASN tiga kali yakni pada waktu shalat Dhuha, shalat Dzuhur dan shalat Azhar. Tentunya kapasitas masjid yang ada sekarang tidak akan laik sehingga kita merancang bangun masjid yang kapasitasnya memadai," katanya lagi.

Kedepannya Adnan bahkan akan buatkan surat edaran wajib menjalankan tiga waktu shalat sekaligus menjadi waktu istrahat bagi para pegawai.

Kadis Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Kabupaten Gowa, Mundoap menjelaskan, jika tetsebut akan ditingkatkan menjadi dua lantai dengan luas bangunan total 434,50 m2 dan kapasitas daya tampung diestimasi hingga 530 jamaah baik laki-laki maupun perempuan.

Secara rinci kata Mundoap, untuk lantai 1 luasnya 204,10 meter dan lantai 2 seluas 230,4 m2. Khusus tempat wudhu seluas 58,5 m2.

Selain Adnan, Wabup Gowa Abdul Rauf Malaganni, Sekkab Gowa Muchlis dan Ketua MUI Gowa KH Abubakar Paka turut meletakkan batu berikutnya.(*)

Baca: 3 Link Live Streaming O Channel TV, PSM Makassar Vs Persela, Misi Sapu Bersih 9 Poin!

Baca: Hasil Akhir PSMS Vs Persija - Ayam Kinantan Bungkam Macan Kemayoran, Liat Video Gol

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved