VIDEO ON DEMAND

VIDEO: Begini Sosialisasi Program Magang ke Jepang di Kantor Pemda Barru

Peserta sosialisasi diikuti oleh kepala desa, lurah, camat dan sejumlah pegawai instansi di Lingkup Pemkab Barru.

Laporan Wartawan TribunBarru.com, Akbar HS

TRIBUNBARRU. COM, BARRU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru mensosialisasikan program magang ke Jepang di Aula Colliq Pujie Kantor Pemda Barru Jl Sultan Hasanuddin, Kecamatan Barru, Kamis (5/4/2018).

Pelaksanaan sosialisasi tersebut merupakan program Kementerian Tenaga Kerja  (Kemnaker)RI bekerja sama dengan Pemkab Barru.

Peserta sosialisasi diikuti oleh kepala desa, lurah, camat dan sejumlah pegawai instansi di Lingkup Pemkab Barru.

Pemateri dalam kegiatan tersebut yakni Kepala Subdit pengembangan pemagangan luar negeri.

Baca: Tiga Kades di Barru Siap Berebut Ketua Apdesi

Materi sosialisasi yang dipaparkan terkait prosedur tata cara magang ke jepang, yakni meliputi syarat-syarat serta hak dan kewajiban peserta magang saat berada di Jepang.

Ketua Pelaksana Sosialisasi Syamsir mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada warga Barru yang bersyarat untuk mengikuti program magang ke Jepang.

"Jadi kegiatan ini adalah program Kemnaker RI dengan bekerja sama pihak Pemkab Barru. Program tersebut untuk mengurangi angka pengangguran dengan memberi kesempatan terhadap warga bersyarat di Barru untuk magang kerja ke Jepang," kata Kepala Dinas PTSP Barru itu kepada TribunBarru.com,

Mantan Camat Pujananting itu menambahkan, terselanggaranya sosialisasi tersebut juga atas kerja sama dengan Internasional Menpower Developmen (IMM).

Baca: Camat dan Lurah di Barru Ikut Sosialisasi Program Magang ke Jepang

Menurutnya, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi warga yang ingin mendaftar menjadi peserta magang ke Jepang.

Di antaranya, minimal berusia 19-26 tahun Lulusan SLTA dan khusus lulusan SMK minimal berusia 18 tahun dan calon peserta harus berpenduduk atau KTP Barru.

Bagi peserta yang lolos berkas, nantinya akan didiklat lalu diberikan tes akademik seperti bahasa Jepang, pendidikan Matematikan dan beberapa tes lainnya.(*)

Penulis: Akbar
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved