Pendapatan GMTD Kontraksi 18,3%, Ini Strategi Pembangunan ke Depan

Terus menjajaki segmen pasar yang berpotensi melalui penawarkan produk rumah hunian yang terjangkau bagi segala kalangan

Pendapatan GMTD Kontraksi 18,3%, Ini Strategi Pembangunan ke Depan
TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD FADLY ALI
Presiden Komisaris Theo L Sambuaga, Wakil Presiden Komisaris Ketut Budi Wijaya, Komisaris Independen: Prof dr. Irawan Yusuf Ph.D, Komisaris Independen Prof Didik J Rachbini, Komisaris Independen Indra Simarta, Komisaris Indepeneden DR Hinca Ikara Putra Pandjaitan XIII, S.H., M.H., ACCS., Komisaris Independen: Wahyu Tri Laksono, Komisaris Johanes Jany, Komisaris Drs H Erwin Syafruddin Haija, M.Ak, Komisaris H Musyafir Kelana Arifin Nu’mang, Komisaris H Baharuddin Mangka. (*) 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Direktur PT GMTD Tbk Purnomo Utoyo dalam paparan publik usai RUPS Tahunan di Hotel Aryaduta Jl Penghibur Makassar, Kamis (5/4/2018) menuturkan, perseroan berkomitmen untuk melanjutkan pengembangan kawasan Tanjung Bunga sebagai kawasan hunian dan komersial terpadu.

Ini dilakukan dengan terus menjajaki segmen pasar yang berpotensi melalui penawarkan produk rumah hunian yang terjangkau bagi segala kalangan terutama segmen menengah bawah yang masih memiliki potensi pertumbuhan yang kuat, serta tetap berfokus pada penyelesaian proyek-proyek yang sedang berjalan.

"PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk (GMTD), pengembang properti terkemuka di Makassar, membukukan Pendapatan sebesar Rp 237,3 miliar untuk tahun 2017, menurun sebesar 18,3% dibanding Pendapatan tahun 2016 yang tercatat sebesar Rp 290,0 miliar," katanya.

Sepanjang tahun 2017, Pendapatan Perseroan yang berasal dari penjualan Rumah Hunian dan Rumah Toko tercatat sebesar Rp 183,0 miliar, menurun sebesar 30,5% dibandingkan Pendapatan tahun 2016 sebesar Rp 263,3 miliar.

"Sementara pendapatan sehubungan dengan penjualan Lahan Siap Bangun (kavling) mengalami kenaikan sebesar 181,0%, dari Rp 13,7 miliar pada tahun 2016 menjadi Rp 38,5 miliar pada tahun 2017," ujarnya.

Laba Usaha Perseroan untuk tahun 2017 tercatat sebesar Rp 74,6 miliar, mengalami penurunan sebesar 18,9% dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp 91,9 miliar.

Penurunan Laba Usaha terutama disebabkan penurunan Pendapatan sepanjang tahun 2017 serta meningkatnya Beban Pokok Pendapatan.

"Laba Bersih Setelah Pajak juga mengalami penurunan sebesar 21,2% menjadi Rp 67,6 miliar dibanding tahun 2016 yang tercatat sebesar Rp 85,8 miliar," katanya.

Penurunan Laba Bersih terutama disebabkan penurunan Pendapatan, menurunnya Beban Pokok Pendapatan serta meningkatnya Beban Keuangan sepanjang tahun 2017.

Di sisi lain, Perseroan berhasil meningkatkan pendapatan berulang (recurring) untuk tahun 2017 sebesar Rp 15,8 miliar, tumbuh 21,5% dari Rp 13 miliar pada tahun 2016. Sehingga kontribusi dari pendapatan berulang terhadap total pendapatan meningkat dari 4,5% pada tahun 2016, menjadi 7,9% pada tahun 2017.

Selain itu, Perseroan terus berupaya meningkatkan pendapatan berulang pada tingkat yang cukup signifikan dari total pendapatan khususnya di segmen pariwisata dan pengelolaan perkotaan.

Di tengah-tengah keadaan yang penuh dengan tantangan, Perseroan masih tetap dapat menangkap peluang pertumbuhan dan kunci keberhasilan terletak pada penajaman dan inovasi strategi pemasaran yang tertuju kepada konsumen kelas menengah.

Inovasi yang dilakukan antara lain penyediaan produk yang tepat sasaran untuk setiap segmen, program yang menarik, serta penyediaan fully furnished show unit yang dapat memberikan gambaran yang memikat untuk semua tipe hunian yang di pasarkan.

Selain itu, berdasarkan educated guess bahwa dampak positif dari pelonggaran kebijakan pemerintah terkait industri properti yang telah dirilis pada tahun-tahun sebelumnya seperti kebijakan melonggarkan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) 2 yang memperbolehkan inden dan penurunan LTVR (Loan to Value Ratio) akan mulai dirasakan pada tahun ini. (*)

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved