Pengusaha Dukung Roadmap Industri 4.0 ala Kementerian Industri

Industri 4.0 merupakan nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik.

Pengusaha Dukung Roadmap Industri 4.0 ala Kementerian Industri
TRIBUN TIMUR/RASNI
Sekretaris Asosiasi Pengisaha Indonesia (Apindo) Sulsel, Yusran IB Herald 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR --Guna menghadapi era digital saat ini, Kementerian Perindustrian telah menyusun roadmap (peta jalan) Industri 4.0 dengan menetapkan lima sektor manufaktur yang akan menjadi percontohan dan prioritas dalam pengembangannya.

Industri 4.0 merupakan nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik.

Hal ini selaras dengan Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) yang diatur dalam Peraturan Pemerintah No 14 Tahun 2015.

Kelima sektor tersebut adalah industri makanan dan minuman, otomotif, elektronika, tekstil, dan kimia.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulsel, Yusran IB Herald yang dihubungi, Senin (26/3/2018) menyambut positif hal tersebut.

Menuturnya, pada 2030 diperkiran ekonomi indonesia masuk 5 besar dunia berdasarkan penelitian sehingga diperlukan keseriusan semua pihak terkhusus pemerintah.

"Sekarang dibutuhkan pemetaan daerah potensi sesuai prioritas pengembangan. Jangan lagi semua industri pengolahan dipusatkan di Jawa. Seharusnya dibangun di daerah produksi sehingga harga yang dihasilkan bisa bersaing.," ujarnya.

Perbaikan infrastruktur di bidang telekomunikasi utamanya keberadaan internet untuk memasuki era digital sangat penting untuk menunjang market.

"Indonesia tentu menjadi market yang produktif bagi produsen barang, sehingga kita jangan mau terlena dengan barang import yang murah, tapi kita harus menjadi produsen murah dengan barang yang berkualitas," katanya. (*)

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved