Sore Ini, Ada Aksi Kamisan Makassar di Mandala, Tuntut Ketegasan Jokowi Tolak UU MD3

Sejumlah elemen pergerakan yang bergabung dalam Aksi Kamisan Makassar kembali akan menggelar unjuk rasa di depan Monumen Mandala

Sore Ini, Ada Aksi Kamisan Makassar di Mandala, Tuntut Ketegasan Jokowi Tolak UU MD3
SANOVRA JR
Sejumlah aktivis lintas kampus bersama jurnalis mengangkat kartu merah sembari diam menutup mulut dalam aksi kamisan ke-12 di depan Monumen Mandala, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (22/2/2018). 

Laporan wartawan Tribun Timur Hasan Basri

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR --Sejumlah elemen pergerakan yang bergabung dalam Aksi Kamisan Makassar kembali akan menggelar unjuk rasa di depan Monumen Mandala, Kota Makassar, Kamis (22/3/2018) sore ini.

Berdasarkan informasi diperoleh Tribun, aksinya nanti terkait pengesahan Undang undang MD3 yang anti demokrasi. Tuntutanya ada meminta ketegasan Presiden Jokowi menolak UU MD3.

Revisi UU MD3 yang telah disahkan oleh rapat paripurna DPR RI pada 12 Februari 2018, dinilai banyak pasal kontroversial.

Seperti pasal 73 yang memberi kewenangan DPR untuk meminta kepolisian memanggil paksa pihak yang mangkir dari panggilan dewan, dalam hal ini dapat disalahgunakan oleh anggota dewan yang anti kritik.

Kemudian pasal 122 huruf (k) UU MD3 yang menyebutkan, Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) mendapatkan tugas mengambil langkah hukum atau langkah lain terhadap pihak yang merendahkan kehormatan DPR dan anggota DPR.

Hal itu dianggap perwakilan rakyat saat ini tidak lagi ingin mendengar rakyatnya. Terakhir pasal 245 yang mengatur pemanggilan atau pemeriksaan anggota dewan dalam kasus pidana.

Selain pidana khusus atau kasus tangkap tangan, memerlukan pertimbangan MKD dan izin presiden. Pasal ini dianggap menjadi payung bagi kejahatan para anggota dewan. (*)

Penulis: Hasan Basri
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved