BPJS Ketenagakerjaan Optimalkan Implementasi Jaminan Sosial di Makassar Lewat PTSP dan Paten

Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Makassar terus memacu perluasan kepesertaan

BPJS Ketenagakerjaan Optimalkan Implementasi Jaminan Sosial di Makassar Lewat PTSP dan Paten
sakinah sudin
Kepala pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Kanwil SUMA, Usman Rappe 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Makassar terus memacu perluasan kepesertaan. Salah satunya dengan memberdayakan aparatur kelurahan dan kecamatan.

Rapat koordinasi dengan Pemkot Makassar digelar dalam mensosialisasikan penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan melalui implementasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) di Hotel Ibis styles Jl Dr Sam Ratulangi Makassar, Kamis (1/3/2018).

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar, Usman Rappe di sela sosialisasi meminta kepada pejabat kelurahan dan kecamatan untuk memastikan setiap perusahaan yang meminta rekomendasi mengajuan izin ke PTSP dan Paten terdaftar sebagai peserta. Berlaku baik perusahaan yang baru maupun perusahaan lama.

Agar optimal, akan ada evaluasi di setiap kecamatan untuk melihat perkembangan jumlah perserta yang tercover di wilayahnya. Hasilnya akan dikoordinasikan ke Wali Kota.

"Nah di sini kita bisa lihat apakah arahan dari Kemendagri dijalankan atau tidak. Bila dijalankan tentu akan difilter oleh PTSP. Kalau lurah lepas, camat mengimbau, dan PTSP endingnya. Di sana ada petugas kami," ujar lelaki berkacamata itu.

Setelah melewati tahapan tersebut dan masih ada perusahaan yang tidak terdaftar, tim kepatuhan yang didalamnya tergabung Disnaker, PTSP, Kejari, dan BPJS Ketenagakerjaan akan turun mengaudit.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Makassar, Andi Bukti Djufrie meminta komitmen kelurahan dan kecamatan mendorong kepesertaan.

"Target kepesertaan itu kita harus penuhi. Ini komitmen kami, apalagi sudah ada MoU terkait mendorong kepesertaan," kata Bukti

Kepesertaan diyakini akan semakin terpacu seiring inovasi PTSP bintang lima yang sudah rampung saat ini. (*)

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved