Pemprov Sulbar MoU Dengan IPB, Ini Isi Kerjasamanya

Rektor IPB, DR. Arif Satria dalam rilis yang diterima TribunSulbar.com mengatakan, penandatanganan MoU antara IPB dan Pemprov Sulbar

Pemprov Sulbar MoU Dengan IPB, Ini Isi Kerjasamanya
nurhadi/tribunsulbar.com
Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, melakukan penandatanganan Memorandum of understanding atau nota kesepahaman dengan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), DR. Arif Satria, di Meeting Room A, IPB, CC ,Kampus IPB, Senin (26/2/2018). 

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, MAMUJU - Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding atau nota kesepahaman dengan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), DR. Arif Satria, Senin (26/2/2018).

Penandatanganan yang berlaangsung di Meeting Room A, IPB, CC , Kampus IPB tersebut, merupakan bentuk keseriusan Pemprov Sulbar terhadap pengembangan sektor pertanian dan perkebunan.

Rektor IPB, DR. Arif Satria dalam rilis yang diterima TribunSulbar.com mengatakan, penandatanganan MoU antara IPB dan Pemprov Sulbar dilakukan untuk membangun sekolah lapang dalam bidang perkebunan, pertanian dan kehutanan.

"Potensi perkebunan, pertanian, serta kehutanan di Sulbar sangat besar, sehingga diharapkan Pemprov Sulbar bisa menjadi mitra selama lima tahun ke depan dalam hal pengembangan pada sektor ini," kata DR. Arif Satria.

Dijelaskan, sekolah lapang tersebut akan berfungsi untuk penelitian, pengabdian dan diseminasi kepada masyarakat. "Ini adalah salah satu inovasi yang dilakukan dan telah dikembangkan oleh IPB dan nantinya akan diaplikasikan di Sulbar," ujarnya.

Sementara Ali Baal Masdar menyampaikan, Provinsi Sulbar merupakan salah satu provinsi yang sangat potensial dalam pengembangan pertanian, namun untuk pengembangan potensi tersebut diperlukan kajian dan analisis lebih mendalam sehingga menghasilkan produksi pertanian yang lebih produktif.

“Untuk mengembangkan hal ini diharapkan IPB dapat berkotribusi optimal terhadap proses pembangunan di Sulbar khususnya bidang pertanian. Dengan kajian dan analisis, Pemprov Sulbar juga berharap kerjasama yang lebih luas dapat dilakukan seperti penerapan teknologi dan industri pertanian sehingga mampu meningkatkan produktivitas petani," harap mantan Bupati Polman itu.

Selain itu, kerjasama untuk meningkatkan sumber daya manusia juga terus dilakukan. Dengan demikian, Provinsi Sulbar diyakini akan menjadi daerah yang maju khususnya pada bidang pertanian.

Usai penandatanganan kerjasama dilanjutkan dengan pertemuan dan diskusi antara kedua belah pihak untuk membahas tindak lanjut kerjasama tersebut, dan disepakti pada tahun anggaran 2019 kerjasama antara Pemprov Sulbar dan IPB akan dilaksanakan.

Hadir pada kesempatan tersebut sejumlah Wakil Rektor IPB, Kepala LPPM IPB, DR. Muh. Idris DP, Ahmad Manggabarani serta sejumlah undangan lainnya.

Penulis: Nurhadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved