Penderita Kusta di Barru Meningkat Sebanyak Ini

Beberapa penyakit menular yang ditemukan Dinkes Barru di masyarakat, diantaranya adalah penyakit malaria, TBC dan kusta.

Penderita Kusta di Barru Meningkat Sebanyak Ini
akbar/tribunbarru.com
Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Barru, H Haris. 

Laporan Wartawan TribunBarru.com, Akbar HS

TRIBUNBARRU. COM, BARRU - Dinas Kesehatan (Dinkes) Barru dari tahun ke tahun menemukan penderita penyakit menular di kalangan masyarakat semakin meningkat.

Penyakit menular itu ditemukan semenjak terlaksananya program Community Bassed Surveillance (CBS) surveillance berbasis masyarakat oleh Dinkes Barru.

Hal itu disampaikan Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Barru, H Haris saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (26/2/2018).

"Semenjak kita terapkan program CBS di 2013, kita sudah menemukan banyak penderita penyakit menular untuk kita obati. Dan penderita penyakit yang kita temukan itu meningkat dari tahun ke tahun," kata H Haris kepada tribunbarru.com.

Beberapa penyakit menular yang ditemukan Dinkes Barru di masyarakat, diantaranya adalah penyakit malaria, TBC dan kusta.

"Khusus penderita penyakit kusta ini kita temukan peningkatannya cukup signifikan," ujar Haris.

Di 2016, Dinkes Barru menemukan sedikitnya 37 penderita penyakit kusta, itu meningkat di 2017 yang mencapai 45 penderita kusta.

"Dengan meningkatnya penemuan penderita penyakit menular itu, berarti tim CBS yang melibatkan tim kader posyandu yang tersebar di hampir seluruh wilayah di Barru itu kinerjanya bagus sehingga hasilnya sangat nampak," katanya.

Seiring dengan meningkatnya penemuan masyarakat yang mengalami penyakit menular tersebut, Dinkes Barru telah berupaya melakukan penyembuhan lewat pengobatan.

"Bagi warga yang kita dapatkan menderita penyakit menular seperti kusta, kita langsung obati pada saat laporan masuk dari tim CBS. Dan hasilnya pun ada yang sudah sembuh, adapula yang masih dalam proses penyembuhan," ujar Haris.

Haris berharap, program CBS Dinkes Barru terus berjalan dengan baik sehingga para penderita penyakit menular di Barru bisa diatasi dan disembuhkan.

Penulis: Akbar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved