VIDEO: Aksi Kamisan Makassar Tolak UU MD3 dan RKUHP

Adapun tuntutanya menolak undang undang nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3) yang telah disahkan DPR RI. Ancam demokrasi.

Laporan wartawan Tribun Timur Hasan Basri

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Aksi Kamisan Makassar (AKM) kembali digelar di depan Monumen Mandala, Jl Jenderal Sudirman, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (15/02/2018) sore.

Aksi yang diinisasi Relawan Komite Perlindungan Jurnalis dan Kebebasan Berekspresi (KPJKB) ini digelar dengan menyoroti telah disahkannya Undang-Undang nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3).

Pasalnya UU tersebut dianggap mencerminkan DPR antikritik. Di sisi lain rawan kriminalisasi warga yang mengeritik DPR RI.

Dalam aksinya, mereka juga menolak rencana pengesahan draf revisi Rancangan KUHP yang sedang dibahas di DPR RI.

Baca: Kedatangan Jokowi Disambut Aksi Kamisan di Makassar

Meminta agar menghentikan usaha mengesahkan draf revisi RKUHP yang sedang dibahas DPR, karena cacat demokrasi dan mengabaikan UU Pers nomor 40 tentang pers.

Berharap pemerintah untuk menarik RKUHP dan membahas ulang dengan berbasis pada data dan pendekatan lintas disiplin Ilmu, dengan pelibatan bersama seluruh pihak, kelompok dan lembaga lembaga terkait.

Kemudian mendesak pemerintah dan DPR RI agar dalam menyusun UU MD3, RKUHP dan produk hukum lainya yang hendaknya semangatnya melindungi rakyat, bukan penguasa. (*)

Penulis: Hasan Basri
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved