Breaking News:

VIDEO ON DEMAND

VIDEO: Selundupkan Sisik Penyu dari Papua Barat, WNA Tiongkok Ditangkap di Makassar

Dua WNA asal Tiongkok, Chen Jianyi alias Aii (25) dan Zhong Qiushan alias Acong (31). Mereka ditangkap di Jl Sunu, Makassar.

Penulis: Darul Amri Lobubun | Editor: Suryana Anas

Laporan Wartawan Tribun Timur, Darul Amri Lobubun

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Ternyata, Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok selundupkan sisik penyu dari Kabupaten Sorong, Papua Barat.

Hal tersebut dikatakan Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Anwar Hasan saat merilis pengungkapan itu di Polrestabes, Kamis (1/2/2018) kemarin.

"Ada dua WNA cina (Tiongkok) yang kami amankan terkait sisik hewan yang dilindungi ini. Sisik heqan ini berasal dari sorong papua barat," kata AKBP Anwar.

Diketahui, dua WNA asal Tiongkok, Chen Jianyi alias Aii (25) dan Zhong Qiushan alias Acong (31). Mereka ditangkap di Jl Sunu, Makassar, Rabu (31/1) dinihari.

Penangkapan Aii dan Acong dilakukan oleh tim Jatanras Polrestabes dan tim Resmob Polsek Tallo, disebuah rumah di kompleks Unhas, pukul 01.00 Wita.

AKBP Anwar menjelaskan, sisik penyu asal Papua itu rencananya akan dibawa ke Tiongkok, Cina untjm dikembangkan lagi menjadi aksesoris, seperti gelang.

"Jadi pelaku ini membeli sisik penyu di papua seharga 180 juta sebanyak 200 kilogram. Jadi mereka ini melakukan transaksi langsung di sorong," jelasnya.

Diketahui, salah satu tersangka Aii (25) telah beberapa tahun di kota Makassar. Selama di Makassar, Aii bekerja sebagai pengusaha jual beli teripang dari Papua.

"Kalau kita lihat, tersangka ini ada yang domisili di makassar beberapa tahun ini ada yang tiga bulan, tentunya kita masih lakukan pemdalaman," jelas Anwar.

Tersangka dikenali pasal 40 atat 2 Jo. pasal 2, Undang-Undang (UU) nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati ancaman 5 tahun penjara.

Barang bukti yang diamankan berupa, 200 sisil penyu, lima unit Token, dua buku tabungan, belasan kartu ATM, pasport, dan surat-surat berharga. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved