Buka Pelatihan Dai, Ini yang Diinginkan Bupati Enrekang

Pada kesempatan itu, Muslimin Bando, menginginkan adanya peningkatan dan penambahan jumlah imam di masjid-masjid.

Buka Pelatihan Dai, Ini yang Diinginkan Bupati Enrekang
Muh Azis Albar/Tribunenrekang.com
Bupati Enrekang, Muslimin Bando membuka pelatihan imam dan da'i se-Kabupaten Enrekang di pendopo rumah jabatannya, Kelurahan Juppandang, Senin (11/12/2017). 

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com Muh Azis Albar

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG - Bupati Enrekang, Muslimin Bando membuka pelatihan imam dan da'i se-Kabupaten Enrekang di pendopo rumah jabatannya, Kelurahan Juppandang, Senin (11/12/2017).

Pada kesempatan itu, Muslimin Bando, menginginkan adanya peningkatan dan penambahan jumlah imam di masjid-masjid.

Menurutnya, saat ini jumlah masjid di Kabupaten Enrekang lebih dari 500 masjid, namun jumlahnya imamnya hanya satu setiap masjid bahkan ada yang tidak ada sama sekali.

Padahal, idealnya setiap masjid harus memiliki dua orang imam yang bisa juga menjadi da'i agar mereka bisa saling mengisi.

"Jadi kalau minimal dua imam satu masjid, kita masih butuh dua kali lipat jumlah imam untuk memenuhi hal itu," kata Muslimin Bando.

Ia menjelaskan, imam juga harus bisa mengusai lagu, makhraj, tajwid yg baik agar bisa memandu shalat jamaahnya dengan baik.

Selain itu, bisa membuat iman dan taqwa semakin kuat dengan bacaan lantunan ayat suci alquran yang dibacanya dengan baik.

"Kualitas imam harus terus ditingkatkan, minimal harus hafal tiga juz beserta artinya, agar bisa sekalian jadi da'i dan bisa khutbah saat hari Jum'at," ujarnya.

Ia berharap, ke depannya kualitas imam makin baik dan diharapkan mereka juga bisa diberi upah sesuai upah minimum relatif (UMR) agar bisa tetap fokus menjadi imam masjid.

Untuk itu, Ia berharap, Baznas Enrekang bisa kerja sama dengan yayasan muslim asia agar diberi bantuan serta mencetak imam dan da'i di Kabupaten Enrekang.

Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved