VIDEO: Intip Progres PLTS di Pulau Karampuang Mamuju

Satu dari empat PLTS yang dibangun oleh MCA - Indonesia di Desa Pulau Karampuang yang didanai dari hibah pemerintah Amerika Serikat.

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, MAMUJU - Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Desa Pula Karampuang, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) baru saja diresmikan oleh Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar (ABM) bersama Deputi Pendanaan Kementerian Pembangunan Nasional, Kennedy Simanjuntak, Jumat (8/12/2017).

Proyek PLTS ini merupakan proyek Kemakmuran Hijau Millennium Challenge Account (MCA)- Indonesia yang merupakan salah satu program yang tercakup dalam perjanjian Compact.

Sebuah perjanjian hibah bilateral antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Amerika Serikat, yang bertujuan untuk mendukung komitmen pemerintah Indonesia dalam pembangunan ekonomi rendah karbon dipedesaan dan daerah terpencil melalui pengelolah energi terbarukan.

Pantauan TribunSulbar.com, PLTS ini terletak di bukit Dusun Karampuang I, satu dari empat PLTS yang dibangun oleh MCA - Indonesia di Desa Pulau Karampuang yang didanai dari hibah pemerintah Amerika Serikat.

PLTS I ini dibangun diatas tanah seluas 2.392 m2 dengan kapasitas 201,6 kWp, merupakan PLTS yang memiliki daya paling tinggi diantar empat PLTS yang dibangun.

PLTS I diresmikaan bersamaan PLTS II yang terletak di Dusun Karaeang, dibangun di atas tanah seluas 1.890 dengan kapasitas 115.2 kWp.

Dua PLTS lainnya yakni PLTS III yang terletak di Dusun Ujung Bulo dan PLTS IV yang terletak di Dusun Karampuang II rencananya akan selesai dibangun pada bulan Januari 2018.

PLTS III dibangun diatas tanah seluas 2.392 dengan kapasitas 134,4 kWp dan PLTS IV dibangun diatas tanah seluas 2.392 dengan kapasitas 147,2 kWp.

Keseluruhan proyek ini diharapkan akan rampung dan mampu menyediakan listrik tenaga surya dengan kapasitas total 598 kWp dari empat titik ini, untuk menyinari penduduk 784 Kepala Keluarga dan sekitar 3,317 orang dari 11 Dusun di Pulau yang memiliki luas 6 km persegi.

Simak videonya:(*)

Penulis: Nurhadi
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved