Gubernur Sulbar: Sektor Perhubungan Dapat Mempercepat Konektivitas Antar Wilayah

Sesuai dengan RPJMD yang telah disepakati bersama, kata ABM, sektor transportasi diharapkan dalat mendorong pembangunan

Gubernur Sulbar: Sektor Perhubungan Dapat Mempercepat Konektivitas Antar Wilayah
nurhadi/tribunsulbar.com
Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar (ABM) menyampaikan sambutannya di acara Rapat Kerja Bidang Perhubungan, di Ballroom Hotel Maleo, Jl. Yos Sudarso, Kelurahan Binanga, Kecamatan Mamuju, Sulbar, Kamis (23/11/2017). 

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, MAMUJU - Konektivitas antar wilayah dalam peningkatan layanan publik menjadi salah satu hal penting dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi Sulawesi Barat (Sulbar).

Hal itu disampaikan Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar (ABM) dalam rilis yang diterima TribunSulbar.com, saat menyampaikan sambutannya di acara Rapat Kerja Bidang Perhubungan, di Ballroom Hotel Maleo, Jl. Yos Sudarso, Kelurahan Binanga, Kecamatan Mamuju, Sulbar, Kamis (23/11/2017).

"Konektivitas antar wilayah melalui pembangunan infrastruktur perhubungan, juga merupakan visi-misi saya selaku Gubernur Sulbar, menuju masyarakat Sulbar yang Maju dan Malaqbiq," kata Ali Baal.

Sesuai dengan RPJMD yang telah disepakati bersama, kata ABM, sektor transportasi diharapkan dalat mendorong pembangunan sektor lain dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Sulbar.

"Mari kita sama sama membangun, jangan saling menghalangi, mari kita jalan sesuai dengan kemampuan kita masing-masing. Untuk itu, diharapkan evaluasi agar Sulbar dapat maju di segala bidang sejajar dengan daerah maju lainnya " ujar Ali

Dalam mewujudkan visi-misi pemerintahannya, ada beberapa poin yang menjadi fokus perhatian. Antara lain, membangun perekonomian yang diwujudkan dengan membangun infrastruktur, membangun permodalan, dan membangun pemasaran serta meningkatkan peralatan.

"Membangun sarana dan prasarana seperti jalan dan jembatan, perairan dan bandar udara, dengan demikian terjadi konektivitas antar wilayah. Selain itu, juga harus didukung dengan membangun permodalan, dengan cara meyakinkan perbankan dan lembaga permodalan lainnya untuk memberikan modal kepada masyarakat," paparnya.

Dengan demikian, lanjut mantan Bupati Polman itu, akan mendorong perekonomian masyarakat menjadi lebih maju dan yang paling penting tidak berebutan, agar masyarakat leluasa mengembangkan kreatifitasnya. Sedangkan untuk membangun peralatan yang memadai, kata ABM, perlu dibarengi dengan peningkatan kualitas petani dan tenaga kerja.

Kadis Perhubungan, Khaeruddin Anas, dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, raker tersebut bertujuan agar penyelenggaraan pemerintahan, terutama sektor perhubungan diharapkan dapat ikut menyumbang secara nyata peningkatan ekonomi masyarakat Sulbar sebagai bagian dari visi misi Gubernur-Wakil Gubernur yang harus terwujud dalam lima tahun kedepan.

"Kami membuka ruang kepada seluruh instansi dan pemerintah kabupaten untuk bersinergi bersama, dapat menjadi kesatuan yang utuh untuk berbenah bersama demi peningkatan ekonomi Sulbar, olehnya dibutuhkan masukan dari berbagai pihak," ujarnya.

"Sesuai harapan Gubernur, juga berdasarkan RPJMD, kita akan berupaya mendorong kemajuan infrastruktur di Sulbar, seperti pelabuhan, bandar udara dan sektor perhubungan darat, agar ekonomi kita dapat terwujud sesuai harapan kita," tambah Khaeruddin.

Kasi Bimtek Pengelolaan Bandar Udara Kementrian Perhubungan, Jermanto Setia Kurniawan, Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT. Pelni, Harry Boediarto, Kasubdit Angkutan Udara Niaga dan Tidak Niaga, Ubaedillah, hadir menjadi narasumber dalam raker tersebut.

Wabup Majene, Lukman, Forkopimda Provinsi dan Kabupaten, para pimpinan OPD Provinsi dan Kabupaten, Kementrian Perhubungan, Pimpinan PT. Pelni, Pimpinan PT. Pelindo, para pimpinan BUMN, perwakilan HIPMI, Kepala BPS Sulbar, Suntono, Wakil pimpinan BI, Tri Adi Riyanto, Jajaran Dinas Perhubungan, para camat, lurah dan desa turut hadir dalam kegiatam ini.

Penulis: Nurhadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved