Dilarang Kim Jong Un, Inilah Benda Paling Dicari di Korut, Pejabat Pilih 'Selundupkan' dari China

Keluarga berencana amat diharamkan di Korea Utara karena pemimpin negeri itu, Kim Jong Un

Dilarang Kim Jong Un, Inilah Benda Paling Dicari di Korut, Pejabat Pilih 'Selundupkan' dari China
tribunnews.com
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un 

TRIBUN-TIMUR.COM-Benda apa yang paling dicari wargaKorea Utara saat ini? Jawabannya ternyata adalah kondom.

Keluarga berencana amat diharamkan di Korea Utara karena pemimpin negeri itu, Kim Jong Un, ingin memiliki populasi besar untuk menciptakan para pekerja sosialis.

Namun, para pebisnis dan pejabat yang melakukan perjalanan ke China kerap membawa kondom untuk diberikan sebagai hadiah kepada teman dan kerabat mereka.

Sementara itu, para penyelundup menghasilkan banyak uang dengan menjual kondom kepada para PSK untuk mencegah kehamilan dan mengurangi penyebaran penyakit.

Di banyak negara, kondom bisa dengan mudah didapatkan. Namun, di Korea Utara alat kontrasepsi ini amat terlarang untuk diproduksi atau dijual.

Bahkan, seperti dilaporkan Radio Free Asia, pos-pos pemeriksaan Bea Cukai Korea Utara melakukan pemeriksaan ketat agar kondom tak bisa melintasi perbatasan.

"Kondom amat populer di kalangan pria dan wanita di Korea Utara. Para pejabat Korea Utara kerap membawa kondom pulang setelah melakukan perjalanan dinas di China," ujar seorang pedagang asal China.

"Pedagang seperti kami menanggung risiko besar jika ketahun membawa kondon ke Korea Utara untuk dijual," tambahnya.

"Pasar untuk kondom di Korea Utara amat besar, jadi kami bisa mendapatkan banyak uang. Namun, kondom termasuk barang terlarang sehingga Bea Cukai Korea Utara tak akan membiarkan barang ini masuk," lanjutnya.

Sementara itu, seorang pebisnis China yang tinggal di Pyongyang kepada Radio Free Asia mengatakan, prostitusi yang meluas di Korea Utara membuat kondom menjadi semakin penting.

"Para pejabat Korut amat memahami kondisi ini, tetapi pemerintah bersikukuh bahwa tidak ada praktik prostitusi di Korea Utara," ujar pebisnis itu.(*)

Berita ini sebelumnya terbit di Kompas.com dengan judul Kondom, Benda Paling Dicari di Korea Utara.(*)

Editor: Anita Kusuma Wardana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved