CITIZEN REPORTER

Farmasi Unhas dan Kimia Farma Gelar Literasi Kesehatan Bagi Warga Pulau Samalona

Mengadvokasi masyarakat Samalona dalam bidang literasi kesehatan khususnya tentang obat yang relatif kurang dapat mengakses pelayanan kesehatan

Farmasi Unhas dan Kimia Farma Gelar Literasi Kesehatan Bagi Warga Pulau Samalona
CITIZEN REPORTER
Laboratorium Farmasi Klinik dan Komunitas Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin berkolaborasi dengan Kimia Farma meluncurkan kegiatan literasi kesehatan bertajuk Kampanye Penggunaan Obat Rasional bagi Masyarakat Pulau Samalona Makassar. 
Laporan
Anshar Saud, S.Si., M.Farm., Apt

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-- Laboratorium Farmasi Klinik dan Komunitas Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin berkolaborasi dengan Kimia Farma meluncurkan kegiatan literasi kesehatan bertajuk Kampanye Penggunaan Obat Rasional bagi Masyarakat Pulau Samalona Makassar.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 November 2017 untuk mengadvokasi masyarakat Samalona dalam bidang literasi kesehatan khususnya tentang obat yang relatif kurang dapat mengakses pelayanan kesehatan dibandingkan masyarakat perkotaan.

Demikian disampaikan Professor Marianti Manggau, Apt yang tampil pertama kali memberi sambutan.

Pengabdian Masyarakat dan Corporate Social Responsibility oleh kampus dan BUMN dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat jika dikerjasamakan dengan niat yang murni untuk
pemberdayaan, sambut Hendra Agustian, S.Farm, Apt selaku Pharmacy Manager Kimia Farma.

Pulau Samalona dengan keindahan alam laut berpantai pasir putih ini dihuni oleh tiga belas kepala keluarga yang masih saling terkait hubungan kekeluargaan.

Warga disini ikut merasakan manfaat dari kegiatan seperti ini, mereka senang dapat memeriksakan kesehatan mereka dan memperluas wawasan mereka tentang penggunaan obat yang benar, ujar Kamaruddin Dg Lallo selaku satu-satunya Ketua Rukun Tetangga di pulau tersebut.

Kegiatan diawali dengan pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol dan asam urat warga oleh tim mahasiswa Farmasi Unhas yang merupakan asisten pada Laboratorium Farmasi Klinik dan Komunitas. Dilanjutkan dengan penyuluhan Dapatkan Gunakan Simpan dan Buang (DaGuSiBu) Obat oleh Kiki Iswandi, Apt dan tim dari Kimia Farma.

Materi penyuluhan selanjutnya berjudul Kampanye Obat Rasional Antibiotik, Analgesik, Antihipertensi yang dibawakan oleh Yulia Yusrini, Ph.D, Apt sekaligus merupakan Kepala Laboratorium Farmasi Klinik dan Komunitas Farmasi Unhas.

Penyuluhan ditutup dengan pemaparan singkat tentang Sepuluh Kiat Menggunakan Obat Secara Rasional yang disampaikan oleh Anshar Saud, M.Farm, Apt selaku Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Samalona.

Komunikasi penyuluhan berlangsung interaktif dan cair dengan adanya gimmick atau hadiah menarik untuk peserta aktif yang dipersembahkan oleh Kimia Farma. Masyarakat juga antusias memeriksakan kesehatan ke dokter Aryadi Arsyad, Ph.D yang juga merupakan anggota tim dengan suplai obat dari Kimia Farma.

Acara ditutup dengan kegiatan foto bersama, menyusuri keindahan pantai dan ramah tamah dengan warga Pulau Samalona.

Penulis: CitizenReporter
Editor: Ardy Muchlis
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved