Tambolongan, Desa Penghasil Kopra di Selayar

Meski kelapa merupakan komoditas unggulan di Tambolangan, olahannya hanya sebatas kopra.

Tambolongan, Desa Penghasil Kopra di Selayar
handover
Warga mengeringkan kopra di Desa Tambolongan, Kecamatan Bontosikuyu, Kepulauan Selayar, Sulawasi Selatan (Sulsel), Kamis (9/11/2017). 

Laporan Wartawan TribunSelayar.com, Nurwahidah

TRIBUNSELAYAR.COM, TAMBOLONGAN - Kelapa merupakan komoditas unggulan di Desa Tambolongan, Kecamatan Bontosikuyu, Kepulauan Selayar, Sulawasi Selatan ( Sulsel).

Karenanya mayoritas warga setempat yang mengolahnya menjadi kopra. Kopra merupakan daging buah kelapa yang dikeringkan. Kopra merupakan salah satu produk turunan kelapa yang sangat penting karena merupakan bahan baku pembuatan minyak kelapa dan turunannya.

Warga Tambolongan, Daeng Hama, Kamis (9/11/2017) mengatakan meski kelapa merupakan komoditas unggulan di Tambolangan, olahannya hanya sebatas kopra. Warga belum mengembangkan secara maksimal.

Dikatakan, ada dua cara membuat kelapa jadi kopra yang dilakukan warga setempat. Pertama, dikeringkan di bawah sinar matahari langsung selama dua hari. Kedua, diasapi selama seharian. Teknik pengasapan ini diadopsi masyarakat saat musim penghujan seperti sekarang.

Hanya saja, dengan teknik ini kualitas kopra menjadi kurang bagus. "Setelah dikeringkan selama satu hari, baru potong kecil-kecil lalu dimasukkan dikarung dan ditimbang," tuturnya.(*)

Penulis: Nurwahidah
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved