TPS KSM Gammara Terbengkalai, Ini Penjelasan Dinas Lingkungan Hidup Jeneponto

Alasan tidak dioperasikannya TPS sistem Reduce-Reuse dan Recycle (3R) itu lantaran tidak mempunyai anggaran operasional.

TPS KSM Gammara Terbengkalai, Ini Penjelasan Dinas Lingkungan Hidup Jeneponto
muslimin/tribunjeneponto.com
Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Jeneponto, Hardono 

TRIBUNJENEPONTO.COM, BINAMU - Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Gammara yang berlokasi di Jl BTN Bontosunggu, Kecamatan Binamu, Jeneponto, terbengkalai.

Hal itu dibenarkan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Jeneponto, Hardono, saat ditemui di kantornya Jl Pelamboyan, Kecamatan Binamu, Kamis (02/11/2017) sore.

"Iya waktu awalnya setelah diresmikan memang sempat beroperasi, tapi kita sudah panggil ketua KSM nya pak Nakku untuk rapat membicarakan agar bagaimana bisa dioperasikan kembali," kata Handono.

Alasan tidak dioperasikannya TPS sistem Reduce-Reuse dan Recycle (3R) itu lantaran tidak mempunyai anggaran operasional.

"Mungkin tidak dianggarkan waktu pejabat lama, kita ini masih baru disini jadi kita tunggu ini pengesahan APBD Perubahan untuk anggaran operasionalnya agar dapat difungsikan kembali," ujarnya.

Sementara, Kasi Pengurangan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Jeneponto Rahmat, menuturkan jika KSM pengoperasian TPS 3R itu sepenuhnya merupakan tanggungjawab KSM.

"Kita sebenarnya hanya garis kordinasi dalam hal tanggung jawab pembinaan untuk pengelolaan sampah baik itu pemilahan maupun untuk proses pengolaan menjadi pupuk kompos," kaya Rahmat.

Selain itu menurut Rahmat, Pengerjaan TPS itu juga merupakan pengadaan oleh dinas PU Jeneponto," bukan dinas Lingkungan Hiduo yang adakan itu makanya kita hanya garis kordinasi," tuturnya.

Awal pengoperasian TPS itu diresmikan Bupati Jeneponto Iksan Iskandar 19 Januari 2017 dengan total anggaran APBN Tahun 2016 mencapai Rp 600 juta.

Penulis: Muslimin Emba
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved