Wisata Sulsel

Es Pisang Ijo Aslinya dari Makassar, Yuk Kenali Sejarahnya

Es pisang ijo adalah salah satu jajanan khas Makassar pas dijadikan pilihan menu berbuka puasa.

Es Pisang Ijo Aslinya dari Makassar, Yuk Kenali Sejarahnya
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Salah seorang peserta merapikan varian Pisang Ijo yang merupakan kuliner tradisional khas Sulsel dalam acara Traditional Food Vaganza di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulsel, Sabtu (28/11/2015). 

Laporan wartawan Tribun Timur, Saldy

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar menetapkan Es Pisang Ijo sebagai ikon kuliner khas Makassar.

Kabid Destinasi Pariwisata Makassar Andi Karunrung mengatakan es pisang ijo adalah salah satu jajanan khas Makassar yang laris ketika memasuki bulan Ramadhan karena paling pas dijadikan pilihan menu berbuka puasa.

Es pisang ijo terbuat dari pisang raja utuh yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau dan proses memasaknya dikukus.

Pisang raja dipilih sebagai bahan dasar pisang ijo karena tekstur pisang raja yang padat meskipun dalam keadaan sangat matang.

Pisang Ijo disajikan dengan es serut, sirop rasa pisang ambon, dan saus santan secukupnya. Jika pisang dalam balutan adonan hijau tadi dipotong-potong, dalam semangkuk es pisang ijo terciptalah warna meriah: hijau, kuning, pink, dan putih.

"Namanya es pisang hijau tapi warnany beranekaragam," ujar Andi Karunrung, via whats app, Kamis (26/10/2017).

Meriah seperti warnanya, rasa es pisang ijo ini merupakan perpaduan dari legitnya pisang, gurihnya bubur santan, manisnya sirop, yang seluruhnya diselumuti dinginnya es serut yang segar.  (*)

Penulis: Saldy Irawan
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved