MotoGP 2017

Baru 22 Hari Kaki Patahnya Dioperasi, Rossi "Nekad" Turun Balapan di Aragon

Pada akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke Aragón dan akan mencoba mengendarai M1 saya akhir pekan ini

Editor: Ridwan Putra
int
pernyataan Rossi usai jalani pemeriksaan dokter, untuk kembali balapan di MotoGP Aragon 2017 

TRIBUN TIMUR, - Valentino Rossi akan melakukan comeback ke MotoGP Aragon di Spanyol akhir pekan ini (24/9/2017) setelah sebelumnya mengalami patah tulang tibia dan fibula kaki kanan akibat latihan motor trail tiga pekan lalu.

Juara dunia sembilan kali itu mengalami cidera dalam kecelakaan latihan enduro mengaku telah merindukan membelap di lintasan motoGP tahun ini setelah sebelumnya diperkirakan harus beristirahat minimal 42 pasca cidera tersebut.

Rossi dianggap tak akan mampu tampil di Aragon sehingga manajemen Movistar Yamaha telah mengumumkan penggantinya, Michael van der Mark, turun di MotoGP Aragon. Namun Rossi rupanya memberi isyarat untuk kembali lebih awal setelah membuat kejutan dengan turun melakukan tes mengendari motor superbike R1 di sirkuit Misano pada Senin (18/9/2017) siang.

Namun, di hari itu Rossi hanya bisa melakukan tujuh putaran karena hujan yang turun. Lalu pada Selasa (19/9/2017), Rossi turun ke lintasan lagi dan mampu melahap 20 putaran di Misano.

Pebalap Italia itu kemudian menjalani pemeriksaan kesehatan pada hari Rabu, (20/9/2017), sebelum memutuskan, akan kembali ke balapan MotoGP di Asragon.
"Untungnya, kemarin saya mendapat tes bagus dengan motor YZF-R1M saya di Misano. Saya juga mencoba sehari sebelumnya tapi hujan menghentikan saya setelah beberapa lap. Kemarin saya berhasil menyelesaikan 20 lap dan menemukan jawaban yang saya cari,” ungkap Rossi dikutip dari crash.net.

"Akhirnya, tesnya positif dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Dr Lucidi dan stafnya yang membantu saya menemukan solusi terbaik untuk merasakan sedikit rasa sakit di kaki saya saat saya berkendara,”

"Jelas di akhir ujian saya sedikit kesakitan, tapi pagi ini saya pergi ke Dr Pascarella untuk pemeriksaan kesehatan dan hasilnya positif. Pada akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke Aragón dan akan mencoba mengendarai M1 saya akhir pekan ini,” tandasnya.

Meski demikian, Rossi masih akan menjalani pemeriksana susulan jika telah melakukan latihan bebas I (FPI) di MotoGP Aargon nanti.
"Saya akan mendapatkan jawaban yang sebenarnya setelah FP1 karena mengendarai M1 akan menjadi tantangan yang lebih besar. Kami akan lihat situasinya di Aragon nanti!” pungkasnya.

rossi latihan di sirkuti misano, Selasa (19/9/2017), pasca alami patah kaki tiga pekan sebelumnya
rossi latihan di sirkuti misano, Selasa (19/9/2017), pasca alami patah kaki tiga pekan sebelumnya (int)

Jika Rossi dinyatakan tidak layak atau tidak mampu menyelesaikan akhir pekan maka pebalap bintang WorldSBK, Van der Mark, akan tetap siaga mengganti Rossi.
"Masih harus dilihat apakah Valentino merasa bisa menyelesaikan seluruh balapan akhir pekan yang sangat menguras stamina, terutama di sirkuit seperti MotorLand Aragón dengan perubahan elevasi yang besar," tegas direktur tim Yamaha, Massimo Meregalli.

Baca: Ini Sejarah Pertama di MotoGP yang Akan Diukir Rossi di Inggris

"Jika Vale merasa bahwa cederanya menyebabkan dia terlalu tidak nyaman maka Michael Van der Mark akan masuk sebagai pebalap pengganti. Jika demikian, tim akan berusaha maksimal untuk membantunya menyesuaikan diri dengan YZR-M1 secepat mungkin. Dia tidak mendapat kesempatan untuk menguji motor sebelumnya, jadi akan sangat mengasyikkan dan akhir pekan yang menarik baginya," lanjut Meregalli.

Saat ini Rossi berada di posisi empat klasemen MotoGP 2017, terpaut 42 poin di bawah Marc Marquez dan Andrea Dovizioso, dengan lima balapan tersisa. Rekan setimnya, Maverick Vinales, berada di urutan ketiga, yang unggul 26 poin.(*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved