Sebelum Wisuda, 510 Mahasiswa Politani Pangkep Ikuti Sertifikasi Kompetensi. Lihat Ini

Direktur Politani Pangkep Dr Ir Darmawan MSi mengatakan sertifikasi kompetensi sudah menjadi tuntutan bagi dunia kerja.

Sebelum Wisuda, 510 Mahasiswa Politani Pangkep Ikuti Sertifikasi Kompetensi. Lihat Ini
handover
Direktur Politeknik Pertanian (Politani) Negeri Pangkep dan Ketua LSP Politani berfoto saat pembukaan uji kompetensi bagi 510 mahasiswa di kampus Politeknik Pertanian Negeri Pangkep, Kamis (7/9/2017). Kegiatan yang dimulai 6 -29 September 2017. 

Laporan Wartawan Tribun Timur: Munjiyah Dirga Ghazali

TRIBUN-TIMUR.COM, PANGKEP - Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politeknik Pertanian (Politani) Negeri Pangkep menggelar uji kompetensi bagi 510 mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Pangkep.

Kegiatan yang dimulai 6 -29 september 2017 tersebut diikuti oleh mahasiswa dari semua program studi, baik jenjang diploma II, diploma III, dan diploma IV. Mereka ini yang akan diwisuda tahun 2017 ini.

10 terbaik PT aspek kelembagaan
10 terbaik PT aspek kelembagaan (tribun timur)

Dikutip dari rilis ke Tribun Timur, Ketua LSP Politani Pangkep Andi Yuslim Patawari menjelaskan bahwa uji kompetensi merupakan agenda rutin yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa dalam rangka meningkatkan daya saing lulusan.

Baca: Asyik, Mahasiswa Politani Pangkep Bakal Kantongi Sertifikat Keahlian dari LSP Politani

Baca: VIDEO: Begini Penyambutan Menristek di Politani Pangkep

Selain di Pangkep, uji kompetensi juga akan dilaksanakan di kampus binaan di PDD Sidrap, PDD Banggai Kepulauan dan PDD Nunukang. Uji kompetensi akan dilaksanakan oleh 107 asesor kompetensi yang dimiliki LSP.

Sementara itu Direktur Politani Pangkep Dr Ir Darmawan MSi dalam sambutannya di acara pembukaan menyampaikan bahwa sertifikasi kompetensi sudah menjadi tuntutan bagi dunia kerja.

“Karena itu Politani Pangkep terus berkomitmen untuk berupaya meningkatkan mutu lulusannya. Untuk itu salahsatunya melalui sertifikasi kompetensi. Kedatangan Menristekdikti di kampus Politani baru-baru ini juga mengingatkan pentingnya sertifikasi kompetensi lulusan,” ujarnya.

Uji Kompetensi Gratis

Sekretaris LSP Politani Pangkep Ahmad Daud melaporkan bahwa pelaksanaan uji kompetensi tidak dipungut biaya dari mahasiswa. Hal itu sesuai dengan program Politani untuk para mahasiswa didik.

Baca: UMKM Kabupaten Mappi Pelatihan Olah Ikan Gastor Jadi Kapsul di Politani Pangkep

Baca: Sambangi Politani Pangkep, Menteri Prof Mohammad Nasir Cicipi Kuliner Ini

“Tahun ini selain menggunakan anggaran DIPA Politani juga mendapatkan subsidi anggaran dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui program PSKK. Juga bantuan anggaran dari Direktorat Ketenagaan Kemenristekdikti melalui program retooling mahasiswa,” jelas Daud.

Uji kompetensi ini akan terus dilakukan di Politani Pangkep. Kampus Politani yang masuk dalam 10 besar Politeknik Terbaik Aspek Kelembagaan –mengalahkan PNUP ini, tetap fokus pada peningkatan kompetensi lulusan. (*)

Penulis: Munjiyah Dirga Ghazali
Editor: Arif Fuddin Usman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved