Lihat Ini, Sekolah Mirip di Film Laskar Pelangi di Kabupaten Wajo. Dikepung Tambak, Berhalaman Laut

Sekolah ini terletak di muara Sungai Akkotengeng. Halaman sekolah ini menghampar luas mengarah ke laut yakni Teluk Bone, dibatasi tanaman Bakau

TRIBUN-TIMUR.COM - BAGI Anda penyuka film bertema pendidikan, rasanya menonton film Laskar Pelangi (2008) adalah sebuah keharusan. Film yang diadopsi dari novel karya Andrea Hirata tersebut mampu menginspirasi banyak murid, siswa, dan guru di Tanah Air, Indonesia.

Film itu bercerita tentang Ikal dan kawan sekolahnya yang pantang menyerah dalam menuntut ilmu. Meski sekolah swasta tempatnya belajar, bocor-bocor, kursi dan bangku apa adanya, hingga bangunan sekolah yang ditopang balok agar tidak roboh.

Kepala SD 410 Akkotengeng Awaluddin bersama murid-muridnya di depan sekolah.
Kepala SD 410 Akkotengeng Awaluddin bersama murid-muridnya di depan sekolah. (tribun timur)

Potret sekolah yang jauh dari kata layak seperti di Laskar Pelangi dan berada di daerah terpencil juga layak disematkan untuk Sekolah Dasar Negeri (SDN) 410 Desa Akkotengeng, Kecamatan Sajoanging, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Sekolah ini terletak di muara Sungai Akkotengeng. Halaman sekolah ini menghampar luas mengarah ke laut yakni Teluk Bone, dibatasi tanaman Bakau yang menghijau. Posisi sekolah ini dikelilingi air, tepat berada di pertemuan sungai dan laut.

Baca: Berkat Kipas Tangan, Guru SLB Wajo Terpilih Guru Berprestasi Nasional. Ini Karyanya

Baca: Guru Geografi SMAN 3 Palopo Raih Penghargaan Kemendikbud

Bangunan sekolah ini dibangun memakai konsep rumah panggung. Tiang-tiang kayu ulin-nya menembus tanah berlumpur. Tentunya tujuan rumah panggung, adalah agar murid tetap bisa belajar meski saat air laut pasang, pun saat Sungai Akkotengeng meluap saat hujan datang.

Untuk mengakses SDN 410 Akkotengeng ini, Anda butuh perjuangan ekstra. Tidak ada jalan darat langsung ke sekolah ini. Akses jalan lewat pematang tambak yang berkelok-kelok jauhnya mencapai skitar 7-8 KM, itu pun banyak terputus karena banyak anak sungai.

Letak SDN 410 Akkotengeng dari Jl Poros Wajo-Luwu
Letak SDN 410 Akkotengeng dari Jl Poros Wajo-Luwu (handover)

Akses dengan Perahu

Satu-satunya pilihan yang sedikit memudahkan adalah dengan menaiki perahu jukung menyusuri Sungai Akkotengeng hingga muara. Perahu ini biasanya milik nelayan yang ditambatkan di dekat Jembatan Akkotengeng.

Halaman
1234
Penulis: Arif Fuddin Usman
Editor: Arif Fuddin Usman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved