CITIZEN REPORTER

Ini Ritual dan Mantra Nelayan Makassar Agar Hasil Tangkapannya Melimpah

Ternyata mempunyai beberapa ritual khusus beserta mantra ampuhnya sebelum memulai mencari ikan di laut lepas.

Ini Ritual dan Mantra Nelayan Makassar Agar Hasil Tangkapannya Melimpah
CITIZEN REPORTER
Aktivitas nelayan di pelabuhan Poetere Makassar, Sabtu (19/08/2017). 

Citizen Reporter, Sandi Darmawan

MAKASSAR - Menangkap ikan dengan peralatan sederhana tentu tidaklah mudah, harus menggunakan skill 'tingkat dewa' atau beberapa ritual khusus beserta mantra ampuh sebelum melaut agar hasil tangkapnya melimpah ruah.

Bagi nelayan Makassar yang terkenal sebagai salah satu masyarakat yang handal dalam urusan melaut, ternyata mempunyai beberapa ritual khusus beserta mantra ampuhnya sebelum memulai mencari ikan di laut lepas.

Seperti yang dibeberkan oleh salah seorang pelaut kelahiran ujung pandang 1975 itu, Mansyur Dg Kebo saat ditemui pagi tadi di kapalnya yang bersandar di pelabuhan Poetere Makassar, Sabtu (19/08/2017).

Baca: FOTO: Bocah-bocah Bermain Sepakbola di Pelabuhan Paotere

Aktivitas nelayan di pelabuhan Poetere Makassar, Sabtu (19/08/2017).
Aktivitas nelayan di pelabuhan Poetere Makassar, Sabtu (19/08/2017). (CITIZEN REPORTER)

"Kita ini turun temurun sebagai nelayan, mulai dari buyut sampai cucu yang sekarang, malu jadi orang makassar jika tidak handal dalam melaut, makanya ikuti ajaran2 para leluhur sebelum pergi menangkap ikan agar hasil tangkapannya banyak" terang lelaki berkumis tebal itu di atas kapalnya.

Baca: Film Paotere Syuting Perdana Hari Ini, Ada Cut Mini Lho

Meski kedengaran aneh ritualnya namun hasil yang didapatkan ternyata jauh lebih banyak jika melaut dengan cara yang biasa dilakukan oleh nelayan pada umumnya.

"Jika nelayan biasanya langsung menebar jaring dinlokasi yang dianggaonya banyak ikan yang lalu lalang, saya punya cara sendiri sebelum menebarkan jaring kelaut, yaitu terlebih dahulu melemparkan pisang manis ke lokasi yang akan ditebari jaring, bukan sebagai umpan tapi sebagai perayu ikan agar mendekat, karena menurut kakek-kakek saya, Raja Ikan paling suka sama pisang manis," Terang lelaki tua itu dengan wajah yang sedikit serius.

Selain pisang manis, lanjut ayah 3 anak itu ritual selanjutnya yakni para pelaut harus membalik celana dalamnya.

Halaman
12
Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved