HUT ke 72 RI

Ini Rangkaian Kegiatan BUMN di Sulsel Peringati HUT ke 72 RI

Ada program Bedah Rumah Veteran (BRV) merupakan wujud penghargaan BUMN pada para veteran atas jasa-jasanya

Ini Rangkaian Kegiatan BUMN di Sulsel Peringati HUT ke 72 RI
TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD ABDIWAN
Upacara bendera peringatan proklamasi kemerdekaaan ke 72 RI di PT IKI Makassar 

TRIBUN-TIMUR.COM -Menyambut peringatan 72 tahun kemerdekaan Republik Indonesia dan dalam rangka Program BUMN Hadir untuk Negeri tahun 2017, PT. Waskita Karya (Persero) Tbk (Waskita) ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai PIC bersama PT. Semen Tonasa, PT. Brantas Abipraya (Persero), PT. Perkebunan Nusantara XIV (Persero), PT Kawasan Industri Makassar (Persero), dan PT. Industri Kapal Indonesia (Persero) sebagai Co-PIC mendapat tugas dari Kementerian BUMN untuk menyelenggarakan acara tersebut di Provinsi Sulawesi Selatan.

Dari rilis yang diterima Tribun, Kamis (17/8/2017), beberapa program kegiatan perayaan peringatan 72 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia BUMN Hadir untuk Negeri tahun 2017 yang diselenggarakan diantaranya Bedah Rumah Veteran, Siswa Mengenal Nusantara, Jalan Sehat dan Upacara Peringatan HUT RI ke-72.

Program Bedah Rumah Veteran (BRV) merupakan wujud penghargaan BUMN pada para veteran atas jasa-jasanya memperjuangkan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa.

Program BRV telah dilaksanakan sejak tahun 2015 dan tahun 2017 Waskita bersama kelima BUMN Co-PIC akan merenovasi 30 rumah mulai dari awal Juli sampai dengan akhir Desember 2017 yang tersebar di kabupaten kota di Provinsi Sulawesi Selatan.

Rangkaian kegiatan kedua menyambut peringatan 72 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia adalah Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN), program ini diselenggarakan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB kelas XI akan keragaman kekayaan nusantara dan potensi daerah yang diperkenalkan melalui interaksi langsung dengan komponen Pemerintah dan Masyarakat di provinsi yang dikunjungi.

Program SMN ini pun telah dilaksanakan pada tanggal 24 - 31 Juli 2017 dengan mengirimkan 20 orang putera dan puteri berprestasi dan berasal dari keluarga yang kurang mampu ke Provinsi Papua Barat.

Program Jalan Sehat 5K, acara ini dilaksanakan dengan tujuan memeriahkan peringatan HUT ke-72 RI tahun 2017 serta menumbuhkan kebersamaan di antara peserta, dengan semangat “Bersama Satukan Langkah untuk Indonesia” yang diikuti oleh 2000 peserta yang merupakan para pegawai BUMN PIC dan Co-PIC beserta keluarganya serta perwakilan dari sekitar 36 BUMN yang berkantor di Makassar - Sulawesi Selatan.

Jalan Sehat 5 Km yang dilepas langsung oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo didampingi Wakil Walikota Makassar Syamsu Rizal MI dan direksi beberapa BUMN mengambil start dan finish di Celebes Convention Center (CCC), Metro Tanjung Bunga, Makassar.

Adapun rute yang dilalui peserta jalan sehat adalah sebagaiberikut: Jalan Sehat dimulai dengan rute Celebes Convention Center (Jl. Metro Tanjung Bunga) – Jl. Patompo (Losari) - Jl. Yoseph Latumahina (antara Imperial dan Es Teler 77) – Jl. Lamaddukelleng – H. Bau - Celebes Convention Center (Jl. Metro Tanjung Bunga).

Sebagai puncak acara dalam penyelenggaraan peringatan 72 tahun kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2017 diselenggarakan Upacara Bendera yang dilaksanakan di kantor pusat PT Industri Kapal Indonesia (Persero) dan dihadiri oleh Direksi BUMN PIC dan Co-PIC, Pimpinan 36 BUMN yang berkantor di Makassar, perwakilan legiun veteran serta perwakilan peserta SMN. Bertindak sebagai inspektur Upacara Dirut PT. Brantas Abipraya, sedangkan pemimpin upacara Lettu CPM. Hendro dari Pomdan XIV/Hasanuddin.

Diharapkan melalui rangkaian kegiatan peringatan 72 tahun kemerdekaan Republik Indonesia dalam rangka Program BUMN Hadir untuk Negeri tahun 2017, pemangku kepentingan memiliki pandangan yang baik tentang Kementerian BUMN dan seluruh Perusahaan BUMN yang telah berperan dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa, melalui kerja nyata yang berdampak langsung.

Dalam upacara kali ini hadir Bambang Riyanto direktur Operasi 3 PT. Waskita Karya, Bambang Esti Marsono Direktur Utama PT. Brantas Abipraya, Bambang Heriyanto Direktur Produksi Semen Tonasa, Direktur Utama PT. IKI Edi Widarto, Direktur Utama PT. Kima Abd Muis dan Direktur Operasi Ptpn XIV Edi Piter.

Serta turut hadir Asisten Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media III Kementerian BUMN RI, yang juga menyerahkan langsung simbolis plakat pada Siswa Mengenal Nusantara dan bantaun bagi legoun veteran.

"Upacara bendera peringatan proklamasi kemerdekaaan RI ke 72 tahun ini merupakan rangkaian program BUMN hadir untuk negeri yang diadakan diseluruh provinsi di Indonesia. Untuk wilayah Sulsel kami bersama beberapa BUMN bekerjasama untuk melaksanakan Jalan sehat dan upacara bendara 17 Agustus. Program ini bertujuan memupuk silaturahmii dan sinergitas antar BUMN selain itu peringatan proklamasi ini agar kami sebagai komponen bangsa bisa memaknai pengorbanan para pahlawan dengan melakukan kerja nyata membangun negeri dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia. Dan seluruh peserta kegiatan merupakan keluarga besar BUMN yang berada di Wilayah Sulsel," ujar Bambang Riyanto Dirops PT Waskita Karya. (*)

Penulis: Muh. Abdiwan
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved