KKN di Sumare Sulbar, Mahasiswa Unhas Tawarkan Program Ini

Program tersebut berkaitan dengan Desa Sumare sebagai desa percontohan nelayan di Kabupaten Mamuju Sulbar.

nurhadi/tribunsulbar.com
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Bangun Mandar Universitas Hasanuddin gelombang ke 96 merealisasikan program unggulannya di Desa Sumare, Kecamatan Simboro, Mamuju, Sulbar. 

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, MAMUJU - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Bangun Mandar Universitas Hasanuddin gelombang ke 96 merealisasikan program unggulannya di Desa Sumare, Kecamatan Simboro, Mamuju, Sulbar.

Program tersebut berkaitan dengan Desa Sumare sebagai desa percontohan nelayan di Kabupaten Mamuju Sulbar.

Mereka mengajarkan kepada masyarakat tentang pengolahan hasil tangkap laut nelayan Sumare.

Kegiatan tersebut berlangsung di pekarangan rumah Kepala Desa Sumare dan dihadiri fasilitator Bangun Mandar Provinsi Sulbar, kelompok kerja dan usaha, dan ibu-ibu perwakilan sepuluh dusun yang ada di Desa Sumare, Kamis (10/8/2017).

Baca: Wartawan Serambi Indonesia Bawa Materi Pencegahan Teroris di Sulbar

Mereka menawarkan dua program olahan kepada masyarakat, yakni bakso ikan Tuna yang diberi nama Bakso Tuna Sumare dan nugget ikan yang diberi nama Nugget Tuna Sumare.

Mahasiswa berharap kegiatan itu dapat ditindaklanjuti melalui pembentukan kelompok usaha produk olahan yang ditawarkan demi peningkatan ekonomi dan pemberdayaan wanita atau ibu rumah tangga di Desa Sumare.

Koordinator Desa (Kordes KKN) Tematik Universitas Hasanuddin Syamsu Rijal menyebutkan, program kerja itu dilaksanakan sebagai bentuk pengembangan hasil tangkap laut Desa Sumare.

Baca: BNPT Gelar Dialog Pelibatan Komunitas Seni dan Budaya di Mamuju, Ini Pembicaranya

Agar tidak hanya dijual berupa ikan mentah, tetapi diolah menjadi produk menarik dan menggambarkan ciri khas Sumare sebagai penghasil ikan.

“Olahan yang ditawarkan sangat menarik. Saya tertarik dan yakin prodak ini akan diminati, ” tutur Misbahuddin selaku fasilitator Bangun Mandar Sulbar.(*)

Penulis: Nurhadi
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved