PT IKI Siap Produksi Kapal Nelayan Tanpa Lekukan

PT Industri Kapal Indonesia (Persero) siap memproduksi Kapal Nelayan Indonesia tanpa lekukan dengan konsep plate datar berapapun jumlahnya.

PT IKI Siap Produksi Kapal Nelayan Tanpa Lekukan
dok pt iki makassar
Kapal plat datar yang selesai Dibangun di galangan kapal PT IKI Makassar, Minggu(6/8/2017). Kapal ini ditinjau langsung oleh Menteri Riset dan Dikti Prof Muh Nasir. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- PT Industri Kapal Indonesia (Persero) siap memproduksi Kapal Nelayan Indonesia tanpa lekukan dengan konsep plate datar berapapun jumlahnya.

Dirut PT IKI Cabang Makassar, Edy Widarto usai menerima kunjungan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Muhammad Nasir menuturkan kesiapannya membangun kapal jenis tersebut.

Baca: Kapal Tanpa Lekukan Ini Selesai Dibangun di Galangan IKI, Menristek Beri Pujian

"Kapal Nelayan Indonesia ini memiliki panjang 15 meter, lebar empat meter, tinggi 2,8 meter. Dengan sarat muatan 1,2 meter. Kecepatannya 7-10 knot (mil/jam) dengan ME 80 HP, propeller 28' dengan 4 daun," katanya kemarin.

Dengan spesifikasi kapal tersebut, ia menyanggupi pembuatannya berapa pun yang diinginkan pemerintah. Mengingat areal untuk pembangunan kapal di PT IKI cukup luas.

Berapa biayanya? "Belum ada patokan biaya. Ini akan diproduksi massal dan diperuntukkan kepada nelayan Indonesia. Toh baru prototype saja. Kalau ini diterima dan telah dipatenkan, baru dibuatkan estimasinya biayanya," Kata Edy. (*)

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Ardy Muchlis
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved