Menristek dan Dikti Tinjau Kapal Nelayan Indonesia di PT IKI, Rencananya Diresmikan Presiden

Kehadiran Kapal ini berawal atas riset yang dilakukan tiga institusi yang melakukan riset bersama untuk menciptakan kapal Nelayan Indonesia

Menristek dan Dikti Tinjau Kapal Nelayan Indonesia di PT IKI, Rencananya Diresmikan Presiden
FADHLY ALI
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Muhammad Nasir meninjau Pembangunan Kapal Nelayan Indonesia yang di buat di PT Industri Kapal Indonesia (Persero), Minggu (7/8/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Muhammad Nasir meninjau pembangunan Kapal Nelayan Indonesia yang di buat di PT Industri Kapal Indonesia (Persero), Minggu (6/8/2017).

Kapal tersebut merupakan Proto type yang akan diperuntukkan untuk Kapal Nelayan di seluruh Indonesia dengan konsep plate datar yang diselesaikan hanya dalam waktu 1 (satu bulan).

Kehadiran Kapal ini berawal atas riset yang dilakukan tiga institusi yang melakukan riset bersama untuk menciptakan kapal Nelayan Indonesia tanpa lekukan.

Tiga institusi itu adalah Teknik Perkapalan Universitas Indonesia (UI), Teknik Perkapalan Universitas Hasanuddin (Unhas), dan Kementrian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Kapal yang dibuat sejak 5 Juli lalu tersebut akan dipamerkan pada Hari Teknologi Nasional di Makassar yang bakal dihadiri Presiden RI, Joko Widodo.

Bahkan Presiden Jokowi sendiri juga akan memberikan nama Kapal Nelayan Indonesia ini.

Sementara itu Dirut PT Industri Kapal Indonesia (Persero) IKI Makassar Edy Widarto yang menerima kunjungan Menristek tersebut menyampaikan kesiapannya membangun Kapal jenis ini kepada Menristek & Dikti.

Spesifikasi Utama Kapal ini, yakni Panjang 15 Meter lebar 4 Meter Tinggi 2,8 meter dengan sarat muatan 1,2 meter. Kecepatan 7 sd 10 knot (mil/jam) dengan ME 80 HP. Propeller 28' dengan 4 daun. (*)

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved