Kapal Tanpa Lekukan Ini Selesai Dibangun di Galangan IKI, Menristek Beri Pujian

Kehadiran kapal penangkap ikan ini merupakan hasil riset 3 institusi di tanah air

Kapal Tanpa Lekukan Ini Selesai Dibangun di Galangan IKI, Menristek Beri Pujian - kapal-nelayan-indonesia_20170806_193108.jpg
dok pt iki makassar
Kapal plat datar yang selesai Dibangun di galangan kapal PT IKI Makassar, Minggu(6/8/2017). Kapal ini ditinjau langsung oleh Menteri Riset dan Dikti Prof Muh Nasir.
Kapal Tanpa Lekukan Ini Selesai Dibangun di Galangan IKI, Menristek Beri Pujian - kapal-nelayan_20170806_193401.jpg
dok pt iki makassar
Menristek dan Dikti Prof Muhammad Nasir saat melihat dari dekat propeller Kapal Nelayan Indonesia yang dibangun di galangan kapal PT IKI Makassar, Minggu (6/8/2017)

Laporan Wartawan Tribun Timur: Munawwarah Ahmad

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof Dr H. Muhammad Nasir melontarkan pujian saat memantau Kapal Nelayan Indonesia yang dibangun di galangan kapal PT Industri Kapal Indonesia (Persero), Makassar, Minggu (6/8/2017).

Dikutip dari press rilis Humas PT IKI Makassar, Menristek Dikti Prof Nasir mengatakan Kapal Nelayan Indonesia modelnya cantik dan unik. Pendanaan pembangunan kapal ini dari Kementrian yang dipimpin mantan Rektor Undip Sekarang itu. "Kapal ini direncanakan untuk nelayan. Cantik juga desainnya," ujarnya.

Menristek dan Dikti Prof Muhammad Nasir saat mendapat penjelasan dari Dirut PT IKI Makassar Ir Edy Widarto terkait Kapal Nelayan Indonesia di galangan kapal PT IKI Makassar, Minggu (6/8/2017).
Menristek dan Dikti Prof Muhammad Nasir saat mendapat penjelasan dari Dirut PT IKI Makassar Ir Edy Widarto terkait Kapal Nelayan Indonesia di galangan kapal PT IKI Makassar, Minggu (6/8/2017). (dok pt iki makassar)

Kapal ini selesai dibangun dalam waktu sebulan saja. Kehadiran kapal penangkap ikan ini merupakan hasil riset 3 institusi di tanah air. Dua institusi kampus melakukan riset bersama untuk menciptakan Kapal Nelayan Indonesia.

Baca: Lihat Ini, Ada Kapal Nelayan Tanpa Lekukan Dibangun di PT IKI Makassar

Riset Bersama

Tiga institusi yang tergabung dalam riset bersama itu adalah Teknik Perkapalan Universitas Indonesia (UI), Teknik Perkapalan Universitas Hasanuddin (Unhas), dan Kementrian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Desain umum Kapal Nelayan Indonesia dibangun di PT IKI Makassar
Desain umum Kapal Nelayan Indonesia dibangun di PT IKI Makassar (dok pt iki makassar)

Kapal ini dimulai pembangunannya tanggal 5 Juli 2017 dan akan dipamerkan pada Hari Teknologi Nasional (Harteknas) 2017 di Makassar yang akan dihadiri Presiden RI, 10 Agustus 2017 mendatang. Presiden Jokowi yang memberikan nama Kapal Nelayan Indonesia ini.

Sementara itu Dirut PT Industri Kapal Indonesia (Persero) IKI Makassar Edy Widarto yang menerima kunjungan Menristek tersebut mengatakan tidak ada kendala dalam pembangunan kapal dengan panjang 15 meter ini.

Baca: Dirjen Perikanan Tangkap KKP Pantau Persiapan Kapal Induk Nelayan Ikan di PT IKI

Halaman
12
Penulis: Munawwarah Ahmad
Editor: Arif Fuddin Usman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved