Mahasiswa KKN Unhas Sosialisasi Pentingnya Sertifikat Tanah di Data Pinrang

Kegiatan yang bertajuk “Pentingnya Mensertifikatkan Tanah, Guna Mewujudkan Kelurahan Data Bebas Sengketa Tanah” itu dihadiri puluhan peserta.

hery/tribunpinrang.com
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Gelombang 96 menggelar sosialisasi sertifikasi tanah di Kantor Kelurahan Data, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang, Kamis (3/8/2017). 

TRIBUNPINRANG.COM, DUAMPANUA - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Gelombang 96 menggelar sosialisasi sertifikasi tanah di Kantor Kelurahan Data, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang, Kamis (3/8/2017).

Kegiatan yang bertajuk “Pentingnya Mensertifikatkan Tanah, Guna Mewujudkan Kelurahan Data Bebas Sengketa Tanah” itu dihadiri puluhan peserta.

"Peserta dari sejumlah elemen masyarakat Kelurahan Data. Dari Lurah, para kepala lingkungan, ketua RK, dan masyarakat biasa," tutur Ketua Panitia Nasrul Samad.

Mahasiswa Ilmu Politik dan Pemerintahan Universitas Hasanuddin itu menyebutkan, sosialisasi ini digelar mengingat masih banyaknya bidang tanah di Kelurahan Data yang belum bersertifikat.

“Tanah yang tidak bersertifikat, tentu besar kemungkinan menyebabkan konflik.

Dari realita itu, kami berinisiatif melaksanakan sosialisasi ini,” tuturnya.

Nasrul berharap, kegiatan itu dapat menyisakan hal positif untuk masyarakat Kelurahan Data.

"Semoga berawal dari langkah kecil kami ini, masyarakat Data bisa terhindar dari konflik-konflik yang disebabkan oleh tanah yang tidak bersertifikat.” ucapnya.

Kepala Seksi Pengadaan Tanah Kantor Pertanahan Kabupaten Pinrang, Mardiyanto
mengatakan, pemerintah telah mengupayakan pensertifikatan tanah lewat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

"Warga yang ingin mengikuti PTSL, bisa bersurat atau datang langsung ke Kantor Pertanahan Pinrang. Kami akan upayakan program itu jalan tahun ini," pungkasnya.

Penulis: Hery Syahrullah
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved