Barru Gagal Lagi Raih Adipura 2017, Ini Masalahnya

Hasil P1 yang diperoleh Barru hanya 71 poin sementara persyaratan standar lolos penilaian TPA yaitu 75 poin.

Barru Gagal Lagi Raih Adipura 2017, Ini Masalahnya
akbar/tribunbarru.com
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Barru Taufik Mustafa 

Laporan Wartawan TribunBarru.com, Akbar HS

TRIBUNBARRU. COM, BARRU - Kabupaten Barru kembali gagal meraih Adipura 2017.

Kegagalan tersebut merupakan yang ketiga kalinya.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Barru Taufik Mustafa saat ditemui di Jl Sultan Hasanuddin, Kecamatan Barru, Sabtu (29/7/2017).

"Barru sudah tiga kali berturut-turut gagal meraih adipura dan untuk tahun ini masalahnya ada pada pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Padangloang di Kelurahan Coppo, yang dinilai tidak memenuhi standar," kata Taufik kepada TribunBarru.com.

Dia menjelaskan, dalam penilain adipura, hasil P1 yang diperoleh Barru hanya 71 poin sementara persyaratan standar lolos penilaian TPA yaitu 75 poin.

Faktor rendahnya nilai TPA Padangloang adalah karena tidak adanya sarana penunjang pengelolaan TPA, antara lain tidak adanya jembatan timbang.

Penempatan pengolaan kompos dengan mesin pencacah plastik harus dipisah, dan juga tidak adanya tangga yang berhubungan dengan sumur pantau.

Selain masalah TPA, lanjut Taufik, masalah lain yang jadi kendala penilaian adalah tidak efektifnya program bank sampah di masyarakat.

"Kita sudah punya mobil unit khusus bank sampah untuk mengambil sampah-sampah sesuai dengan titik lokasi pengambilan, namun masyarakat belum terlalu berminat mengelola program bank sampah itu," ucapnya.

Taufik berharap hasil penilaian tahun ini bisa jadi evalusi untuk pembenahan, sehingga tahun depan Barru bisa meraih Adipura.

"Meski anggaran yang dibutuhkan untuk pembenahan TPA Padangloang nantinya tidak sedikit, namun kita berharap masalah itu bisa segera teratasi," tutur Taufik.

Kabupaten Barru hanya menerima Adipura di tahun 2013.

Adipura tahun ini diraih enam daerah Sulsel yaitu Bantaeng, Wajo, Sidrap, Pinrang, Maros, dan Makassar.(*)

Penulis: Akbar
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved