20 Siswa Asal Papua Belajar Pembuatan Kapal di Galangan PT IKI Makassar

Ahril menambahkan, kunjungan ini sangat positif karena selain sebagai ajang transfer ilmu pengetahuan

20 Siswa Asal Papua Belajar Pembuatan Kapal di Galangan PT IKI Makassar
dok pt iki makassar
Direktur Operasi PT IKI (Persero) Ahril Abdullah berfoto bersama Siswa Mengenal Nusantara dari Provinsi Papua Barat di galangan PT Industri Kapal Indonesia (IKI), Jl. Galangan Kapal No.31 Makassar, Rabu (26/7/2017) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sebanyak 20 siswa dari program Siswa Mengenal Nusantara dari Provinsi Papua Barat belajar proses pembuatan kapal di galangan PT Industri Kapal Indonesia (IKI), Jl. Galangan Kapal No.31 Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (26/7/2017).

Direktur Operasi PT Industri Kapal Indonesia (Persero) Ahril Abdullah menerima kunjungan ini. Turut hadir pejabat level I, II, & III di jajaran perusahaan ‘pelat merah’ yang bergerak di Industri Perkapalan dan Galangan tersebut.

Baca: Lihat Ini, Ada Kapal Nelayan Tanpa Lekukan Dibangun di PT IKI Makassar

Baca: KM Kendhaga Nusantara yang Dibangun di PT IKI, Bakal Diluncurkan 7 Agustus

Dalam rilis yang diterima tribun-timur.com, sebelum melihat dari dekat proses pembuatan kapal, 20 siswa tersebut menyimak presentasi mengenai sejarah berdirinya PT IKI (Persero) serta cara membangun kapal serta reparasi kapal dengan benar oleh Direktur Operasi IKI.

Direktur Operasi  PT Industri Kapal Indonesia (Persero) Ahril Abdullah menerima Siswa Mengenal Nusantara dari Provinsi Papua Barat di galangan PT Industri Kapal Indonesia (IKI), Jl. Galangan Kapal No.31 Makassar, Rabu (26/7/2017)
Direktur Operasi PT Industri Kapal Indonesia (Persero) Ahril Abdullah menerima Siswa Mengenal Nusantara dari Provinsi Papua Barat di galangan PT Industri Kapal Indonesia (IKI), Jl. Galangan Kapal No.31 Makassar, Rabu (26/7/2017) (dok pt iki makassar)

“Sebuah kebanggaan bagi kami mendapat kunjungan dari siswa asal Papua Barat. Kunjungan ini adalah sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri yang digagas oleh Kementerian BUMN RI,” ujar Direktur Operasi PT IKI Ahril Abdullah.

Ahril menambahkan, kunjungan ini sangat positif karena selain sebagai ajang transfer ilmu pengetahuan, setiap siswa juga tahu sistem dan cara pembangunan dan perbaikan kapal dengan benar. Selain juga ajang komunikasi serta mengenal budaya masing-masing.

Baca: Dirjen Perikanan Tangkap KKP Pantau Persiapan Kapal Induk Nelayan Ikan di PT IKI

Baca: KMP Lakaan Buatan PT IKI Resmi Beroperasi, Layari Kupang-Rote-Ndao

PIlar Kebangsaan

Siswa juga diminta membentuk lingkaran sambil berpegangan tangan. Ahril lalu berpesan agar siswa-siswi tetap menjaga Kesatuan dan Persatuan Bangsa dengan menjunjung tinggi 4 Pilar Kebangsaan Yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Kunjungan makin hikmat saat siswa bersama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan penuh semangat. Bahkan Direktur Operasi Ahril Abdullah dan beberapa pejabat yang hadir sempat meneteskan air mata saat mendengar dua lagu Papua berjudul ‘Tanah Papua’ dan “Aku Papua”.

Humas PT IKI (Persero) Akbar Nur menambahkan bahwa SMN yang dari Sulawesi Selatan juga telah dilepas menuju Papua Barat oleh masing masing direktur BUMN yang dikoordinir PT Waskita Karya di Hotel Horison, Senin (24 Juli 2017) malam.

Siswa Mengenal Nusantara merupakan program pertukaran pelajar. “Mereka diseleksi dari semua kabupaten. Sekitar 1 juta siswa disaring menjadi 20. Pertimbangannya berdasarkan prestasi siswa,” jelas Akbar. (*)

Penulis: Saldy Irawan
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved