Liga 1 Indonesia

Jika PSM Jago Kandang, Suporter Bisa Berpesta dengan Gelar Juara

Di putaran kedua nanti, jika memang klub tertua di Indonesia ini jago kandang, maka dari total 9 pertandingan home nantinya maksimal poin

Jika PSM Jago Kandang, Suporter Bisa Berpesta dengan Gelar Juara
TRIBUN TIMUR/ MUH ABDIWAN
Line Up PSM Makassar 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ilham Mulyawan

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Dari 8 laga kandang di putaran pertama Liga 1, PSM Makassar menorehkan 7 kemenangan dan hanya sekali imbang. ‎Dari total kemenangan itu, Hamka Hamzah cs mengoleksi 21 poin, dari total 24 poin yang diperoleh saat ini.

Sebaliknya catatan tandang kurang bagus. Dari 7 laga away, catatannya adalah 3 kali imbang, sekali menang dan 3 kali kalah. Tak heran tim berjuluk Ayam Jantan dari Timur ini dinilai hanya 'jago kandang'.

Memasuki pekan ke-16 dan 17‎, Robert Rene Alberts dan pasukannya ditarget tidak boleh lagi kehilangan poin kendati dua laga terakhir sebelum putaran pertama berstatus tandang, yakni melawan Bali United (23/7/2017) dan Madura United (29/7/2017), selain untuk merebut kembali tahta klasemen dari Madura United, juga agar jalur menuju gelar juara tetap terjaga.

Di putaran kedua nanti, jika memang klub tertua di Indonesia ini jago kandang, maka dari total 9 pertandingan home nantinya maksimal poin dengan hasil kemenangan bisa diperoleh adalah 27‎.

Dengan catatan, hasil 8 away atau tandang di putaran kedua, tentu juga harus maksimal, minimal meraih satu poin.

Misal 6 poin diperoleh dari laga away kontra Bali United dan Madura United, poin tim bakal menjadi 34. Plus 27 poin jika memenangkan semua laga kandang di putaran kedua, total 61 poin.

Kemudian, seandainya saja 8 tandang dimaksimalkan, dan beruntung memenangkan satu atau dua pertandingan maka total poin diperoleh di akhir musim nanti adalah 69-75 poin.

Maka pada bulan Oktober atau November suporter PSM sudah bisa berpesta gelar juara, dimana di antara kedua bulan itu, Pasukan Ramang punya lima laga kandang.

Namun sekali lagi, ini hanya prediksi saja untuk PSM, toh tim lain juga punya target untuk itu. Andai hal ini terealisasi,‎ puasa gelar juara selama 17 tahun bakal berakhir.(*)

Penulis: Ilham Mulyawan
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved