Dinas Kehutanan Sulsel Peringatkan PT South Sulawesi LNG Soal Izin Kilang

Sudah dua kali diberi teguran sejak saya masuk untuk menghentikan aktifitasnya.

Dinas Kehutanan Sulsel Peringatkan PT South Sulawesi LNG Soal Izin Kilang
ist
Logo Tribun Timur Makassar

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan meminta PT South Sulawesi LNG menghentikan proyek kilang mini di Kabupaten Wajo karena tak memiliki izin pinjam pakai kawasan hutan.

Kepala Dinas Kehutanan Sulsel, Muhammad Tamzil mengatakan penggunaan kawasan hutan tidak dilarang, namun harus sesuai dengan prosedur.

"Mereka belum memiliki izin pinjam pakai, kawasan yang dia gunakan itu kan kawasan hutan. Penghunaan kawasan hutan tidak diharamkan tapi harus melalui proses perizinan dan itu yang belum dia pegang," kata Tamzil, Sabtu (8/7/2017).

Tamzil menuturkan, sejak tahun lalu pihaknya sudah mengeluarkan peringatan kepada pihak PT South Sulawesi, namun mereka masih tetap beraktifitas.

"Sudah dua kali diberi teguran sejak saya masuk untuk menghentikan aktifitasnya. Evaluasi terakhir, mereka masih melakukan aktifitas sementara izinnya belum keluar, padahal aktivitasnya melanggar karena di kawasan hutan. Tak ada izin dari Kementerian Lingkungan Hidup," ungkapnya.

Ia menjelaskan, pihak perusahaan sudah melakukan aktivitas pembangunan kilang mini LNG di lokasi permohonan izin pinjam pakai kawasan hutan tanpa izin, dan hal tersebut sudah masuk dugaan tindakan pelanggaran hukum

"Jika sudah dilarang lantas masih melakukan, akan ada sanksinya. Kita akan monitor, ada petugas saya di lapangan yang saya tigaskan untuk mengawasi mereka," kata dia.

"Poyek kilang mini LNG itu harus disetop karena ilegal. Tak mengantongi izin dan diminta harus dilengkapi semua persyaratannya," tambahnya. (*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Ardy Muchlis
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved