Dirjen Perikanan Tangkap KKP Pantau Persiapan Kapal Induk Nelayan Ikan di PT IKI

Kapal Induk Nelayan yang sementara dalam pembangunan nantinya akan menggunakan 14 Kapal Mina Jaya 300 GT yang sebelumnya tak lagi difungsikan.

Dirjen Perikanan Tangkap KKP Pantau Persiapan Kapal Induk Nelayan Ikan di PT IKI
ALFIAN
Direktur Jenderal Direktorat Perikanan Tangkap Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), Sjarief Widjaja, memantau pembangunan Kapal Induk Nelayan di PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Makassar, Minggu (11/6/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Alfian

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Direktur Jendral Direktorat Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Sjarief Widjaja, memantau pembangunan Kapal Induk Nelayan di PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Makassar, Minggu (11/6/2017).

Kapal Induk Nelayan yang sementara dalam pembangunan nantinya akan menggunakan 14 unit Kapal Motor Mina Jaya 300 GT yang sebelumnya tak lagi difungsikan.

Baca: Program Tol Laut, Pembangunan KM Kendhaga Nusantara di PT IKI Capai 90 Persen

Baca: KMP Lakaan Buatan PT IKI Resmi Beroperasi, Layari Kupang-Rote-Ndao

Kapal-kapal tersebut nantinya bakal menjalani proses rekondisi di galangan yang dimiliki PT IKI Makassar.

"Pilihannya memakai Kapal Mina Jaya karena memiliki kapasitas hingga 350 ton perkapal dan juga memiliki pendingin hingga -60 derajat Celcius yang membuat ikan seperti baru ditangkap," ujar Sjarief.

Kunjungan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Perum Perusahaan Indonesia (Perindo) dan PT Perikanan Nusantara (Perinus) serta sejumlah BUMN terkait.

Baca: Dermaga Baru PT IKI Mampu Menampung 4 Kapal Berukuran 6500 DWT

Rencananya Kapal Induk ini akan disebar di delapan titik perairan Indonesia usai lebaran.

"Harapannya Kapal ini nanti menampung tangkapan para nelayan di tengah laut yang nantinya sewaktu-waktu juga berfungsi sebagai pengantar ke pelelalangan," paparnya.

Penulis: Alfian
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved