Pilkada Sinjai

Pengamat: Balon Bupati Sinjai Harus Ubah Pola Kampanye

Harus berbeda dari yang lalu yang hanya mengandalkan visi-misi yang bahasa pamungkasnya "GRATIS".

int
www.tribun-timur.com 

Laporan wartawan Tribun Timur, Syamsul Bahri

TRIBUN-TIMUR.COM, SINJAI - Pengamat politik lokal Sinjai, A Rusmin Kayyung menyarankan mengubah pola kampanye dan pendekatan ke warga.

Hal yang harus dilakukan oleh para balon adalah melakukan sosialisasi yang bertujuan meraih simpati masyarakat dengan cara yang harus berbeda dari yang lalu yang hanya mengandalkan visi-misi yang bahasa pamungkasnya "GRATIS".

"Tapi yang paling terpenting dilakukan oleh para balon adalah meraih simpati masyarakat dengan gagasan yang lebih produktif dan tidak bertumpu pada politik praktis, sehingga masyarakat tidak lagi berpikir transaksional," ujar mantan Ketua Panwaslu Sinjai ini, Jumat (28/4/2017).

Baca: Asrama Mahasiswa Sulsel di Bogor Digusur, Ini Reaksi HIPPMAS Sinjai

Dijelaskan bahwa hal tersebut menjadi momok bagi para balon yang memiliki potensi secara ide dan gagasan tapi mereka minim dalam hal budget akhirnya menjadi ragu untuk ikut berkompetisi.

Hal terpenting yang dilakukan adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam bentuk program atau visi-misi mengedepankan pengembangan potensi lokal, daerah kita di Sinjai sudah punya SDA dan SDM yang memadai, tinggal bgi mana mengelola dan menafaatkannya.

Dan yang tidak kalah pentingnya bagi balon adalah harus mampu memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa memang mereka mampu berbuat dan bekerja untuk peningkatan taraf kesejahteraan masyarakat, karena sekarang masyarakat kita secara sikap dan mental mereka semua merasa pra sejahtera, hal ini disebabkan karena mereka sudah terlalu lama didoktrin dengan istilah bantuan dan istilah program gratis. Sehingga masyarakat kita menjadi lemah menjurus malas, jelas mantan aktivis UNM ini. (*)

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved