citizen reporter

Ketua DPRD Maros Bawakan Kuliah Umum untuk Mahasiswa STKIP Yapim

DPRD Maros, kata AS Chaidir Syam, memiliki 3 fungsi yakni; legislasi, penganggaran dan pengawasan.

Ketua DPRD Maros Bawakan Kuliah Umum untuk Mahasiswa STKIP Yapim
foto: nur jamila
KULIAH LAPANG - Mahasiswa STKIP Yapim Maros kuliah lapangan di Hutan Kota Maros dan Pantai Tak Berombak (PTB) Maros, Selasa (11/4/2017) didampingi dosen pengampu mata kuliah jurnalistik, Muhammad Yahya dan Studi Islam 8, Ahdan Sinilele. 

Ridhayanti
Mahasiswa STKIP Yapim Maros melaporkan dari Maros

TRIBUN-TIMUR.COM - Kantor DPRD Maros di depan Masjid Agung Maros, Selasa (25/4/2017) ramai dengan puluhan mahasiswa. Mereka itu bukan untuk melakukan aksi demonstrasi. Tetapi mahasiswa S1 Pendidikan Sastra dan Bahasa datang untuk menjalani kuliah lapangan.

Ridhayanti, mahasiswi STKIP Yapim
Ridhayanti, mahasiswi STKIP Yapim (dok pribadi)

Mahasiswa yang turun ke kantor DPRD Maros ini adalah peserta mata kuliah jurnalistik dengan dosen penanggungjawab, Dr Muhammad Yahya MSi serta didampingi juga Wakil Ketua I STKIP Yapim Maros, Dr Ahdan Sinilele SSos MSi.

Para mahasiswa ini diterima langsung oleh Ketua DPRD Maros, H AS Chaidir Syam SIp dan legislator lainnya dari Fraksi Partai Gerindra H Hermanto Syachrul SE.

Chaidir Syam yang berasal dari Fraksi Partai PAN, membawakan kuliah umum dengan materi, Peran dan fungsi DPRD dalam Menjalankan Roda Pemerintahan di Daerah.

Pada pemaparan materi, sarjana pemerintahan Fisip Unhas ini, menjelaskan tentang tugas dan tanggung jawab anggota DPRD sekaligus membacakan profil para legislator yang berasal dari empat daerah pemilihan di Maros.

DPRD Maros katanya, memiliki 3 fungsi yakni; legislasi, penganggaran dan pengawasan. Legislatif Maros memiliki anggota 35 orang dan 7 diantaranya adalah srikandi politik.

Dipaparkan juga kalau APBD Maros 2017 mencapai Rp 1,2 trilyun. Dari jumlah itu sekitar 10 persen teralokasi ke dunia pendidikan. Uang dari rakyat itu katanya, sekitar 60 terserap pada alokasi anggaran birokrat.

Pendapatan Asli Daerah sebanyak Rp 180 milyar lebih, pemasukan lebih dominan pada tambang dan pariwisata.

Wakil Ketua I STKIP Yapim Maros, Dr. Ahdan Sinilele, M.Si dalam sambutan singkat mengucapkan terima kasih kepada ketua DPRD Maros dan Sekwan Maros yang telah menerima kuliah umum para mahasiswa.

Kegiatan kuliah umum di kantor DPRD Maros, merupakan yang pertama dilakukan kampus dan kedepan akan terus dijalin kerjasama dengan DPRD dan instansi lainnya.

“Tujuan kuliah umum ini, mendekatkan civitas akademika kampus dengan DPRD yang merupakan rumah rakyat, tandas doktor sosiologi maritim,” kata lulusan doktor PPs Universitas Airlangga Surabaya ini. (*)

Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved