Dari Misi Perdamaian di Sudan, Karsono Bawa Getah Pohon untuk Keluarga di Sulsel

getah pohon tersebut ialah Gum Arabic yang punya manfaat terhadap beberapa jenis penyakit mematikan, seperti gagal Ginjal yang kronis.

Dari Misi Perdamaian di Sudan, Karsono Bawa Getah Pohon untuk Keluarga di Sulsel
TRIBUN TIMUR/ MUH ABDIWAN
Dua personel Polda Sulsel, Brigadir Haryanto dan Brigadir Karsono saat bertandang ke Tribun Timur, Rabu (5/4/2017). Ia hadir didampingi Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Darul Amri

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-Jauh-jauh ke negeri Sudan, dimana perang berkecamuk dan menuju ke titik nadir perdamaian, satu anggota Polri dari Polda Sulsel, Brigpol Karsono pulang membawa oleh-oleh.

Selain pulang ke Sulsel pada akhir bulan Maret 2017 lalu, bawa kabar baik berupa pesan perdamaian dari Sudan, Karsono membawa sebuah getah dari pohon Acacia yang tumbuh di daratan Sudan.

Baca: Kisah Dua Personel Polda Sulsel Jalankan Misi Perdamaian ke Sudan

Kepada tribun timur, Karsono mengaku, getah pohon tersebut ialah Gum Arabic yang punya manfaat terhadap beberapa jenis penyakit mematikan, seperti gagal Ginjal yang kronis.

"Saya membawa sekitar 20 kilo, untuk oleh-oleh buat keluarga dan teman, juga terutama untuk orang tua saya, bukan untuk dijual" kata Karsono kepada tribun melalui WA, Jumat (14/4/2017) sore.

Sudan

Karsono sampai ke Sudan bersama 139 anggota Polri lainnya yang diutus dalam pasukan perdamaian Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), United Nations African Union Hybrid Mission in Darfur (Unamid).

Khususnya dari Polda, Karsono tidak sendiri. Dia dipercaya bersama rekannya dari Ditrkrimsus, Brigadir Haryanto yang dinyatakan lulus terdiri dari 100 Pasukan taktis (Brimob) dan 40 pendukung.

Karsono mengaku, tujuan dia ke Sudan adalah untuk misi perdamaian, terhitung dari 27 Desember 2015. Selama disana dia bertugas di Camp. Garuda, bertugas pada tim Medis Unamid.

Brigpol Karsono

"Banyak teman yang beli sweter khas negeri sudan dan saling tukar cendera mata disana, tapi saya lebih pilih yang herbal untuk kesehatan seperti buah zuriat dan gum arabic itu," ujarnya.

Menurutnya, Gum Arabica dan Zariat mempunyai manfaat dalam kesehatan, seperti Gum Arabic bisa obati Ginjal kronis, sedangkan buah Zariat untuk suburkan kandungan atau rahim.

Kesan Karsono selama di Sudan, bangga bisa membawa nama Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia, terkhusus bagi lembaga Polri.(*)

Penulis: Darul Amri Lobubun
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved