PT Industri Kapal Indonesia Teken Kerja Sama dengan PT LSP

PT LSP yang akan mencarikan dan memasukkan proyek Engineering, Procurement and Construction (EPC) atau pembangunan floating power plan ke PT IKI

PT Industri Kapal Indonesia Teken Kerja Sama dengan PT LSP
handover
KERJA SAMA - Direktur Utama PT IKI Ir. Edi Widarto (kiri) menyalami Dirut PT Lautan Sinergi Perkapalan (LSP) Lukman Rahman usai meneken MoU di Kantor PT IKI, Jl Galangan Kapal, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Selasa (11/4/2017). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - PT Lautan Sinergi Perkapalan (LSP) melakukan penandatanganan kerja sama dengan PT Industri Kapal Indonesia (PT IKI) di Kantor PT IKI, Jl Galangan Kapal, Kaluku Bodoa, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Selasa (11/4/2017).

Nota kesepahaman yang disepakati bersama tersebut terkait kerja sama untuk PT LSP yang akan mencarikan dan memasukkan proyek Engineering, Procurement and Construction (EPC) atau pembangunan floating power plan berbahan bakar gas ke PT IKI.

“Dalam kerja sama tersebut kurang lebih pembagiannya adalah Engineering dan Procurement akan ditangani oleh PT LSP. Sementara itu pihak PT IKI akan menangani pekerjaan Construction dan Installation,” kata Ir Lukman Rahman, Direktur Utama PT LSP kepada Tribun Timur.

Dirut PT LSP Lukman Rahman
Dirut PT LSP Lukman Rahman (handover)

Baca: Dermaga Baru PT IKI Mampu Menampung 4 Kapal Berukuran 6500 DWT

Baca: VIDEO: PT IKI Luncurkan Kapal Ferry KMP Lakaan Jalur Kupang-Ndao

Kerja sama tersebut, kata Lukman, masih dalam rangka proyek mendukung program proyek pemerintah Indonesia dalam usaha merealisasikan penyediaan listrik sebesar 35.000 Megawatt (MW) dalam jangka waktu 5 tahun (2014-2019) atau dalam rangka Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

“Kerja sama ini diharapkan bisa menjadi pintu gerbang bagi PT IKI untuk dapat berkiprah di dunia minyak dan gas (Migas) nasional, mengingat ke depan khususnya penggunaan gas akan merambah dunia maritim. Kondisi ini, ke depan tak bisa ditolak lagi,” tambahnya.

Dari pihak PT IKI, penandatanganan dilakukan langsung oleh Direktur Utama Dirut PT IKI Ir Edi Widarto. “Kerja sama ini diharapkan bisa menjadi contoh kerjasama antara alumni Unhas dan PT IKI karena memang memiliki hubungan emosional,” ujarnya.

Baca: Pembangunan Galangan Makassar Tahap II PT IKI Resmi Dimulai

Baca: Taruna Polimarim AMI Kuliah Lapangan di PT IKI Makassar

“IKI menyambut baik kerjasama ini dan berharap bisa berjalan lancar dan sukses. PT IKI sekarang ini mulai bergeliat dan mulai ramai pemesanan pembangunan dan reparasi, setelah sebelumnya IKI sempat vacum,” tambah Edi Widarto yang dilantik sebagai Dirut PT IKI tahun 2016 lalu.

Pihak PT IKI juga berharap segera ada kepastian soal proyek Engineering, Procurement and Construction (EPC) tersebut. Sebab, kata Edi Widarto, pihaknya bisa mengatur jadwal pengerjaan dengan lebih baik. (*)

Penulis: Saldy Irawan
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved