Bupati Gowa Serahkan SPPT PBB-P2 Rp 13,6 Miliar ke Wajib Pajak

Penyerahan daftar SPPT PBB-P2 itu diserahkan melalui masing-masing camat dari 18 kecamatan di Kabupaten Gowa.

Bupati Gowa Serahkan SPPT PBB-P2 Rp 13,6 Miliar ke Wajib Pajak
TRIBUN TIMUR/WA ODE NURMIN
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menyerahan Daftar Ketetapan Pajak (DHKP) dan Surat Pemberitahuan Pajak Terhitung (SPPT) PBB- P2 Tahun Pajak 2017 Kepada para wajib pajak di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Senin (10/4/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Timur Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM,SUNGGUMINASA- Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menyerahan Daftar Ketetapan Pajak (DHKP) dan Surat Pemberitahuan Pajak Terhitung (SPPT) PBB- P2 Tahun Pajak 2017 Kepada para wajib pajak di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Senin (10/4).

Penyerahan daftar SPPT PBB-P2 itu diserahkan melalui masing-masing camat dari 18 kecamatan di Kabupaten Gowa.

Dalam Sambutannya Adnan mengatakan tahun ini menjadi tahun kelima pasca pengalihan pengelolaan Pajak Bumi Bangunan sektor Perdesaan dan Perkotaan (PBB- P2) dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah, yang sampai saat ini dapat dibuktikan dengan capaian realisasi yang selalu bersanding dengan capaian realisasi penerimaan sektor pajak daerah lain.

"peningkatan capaian realisasi PBB-P2  dari tahun ke tahun terus meningkat. Dimulai tahun 2015 sebesar Rp.11.881.373.483,- (105%) mengalami peningkatan pada tahun pajak 2016 sebesar Rp. 13.707.966.335,- (121%), dan untuk tahun 2017, potensi pajaknya sebesar Rp.13.641.904.709,- dengan jumlah SPPT PBB-P2 yang tercetak sebanyak 342.675 lembar dengan batas waktu pembayaran atau jatuh tempo yakni tanggal 3 Oktober 2017," katanya dihadapan pimpinan muspida Ketua DPRD Gowa Ansar Zaenal Bate, pimpinan BRI Kanca Sungguminasa, seluruh pimpinan OPD, para camat, lurah serta kepala desa, kepala lingkungan dan kepala dusun.

Adnan pun juga kembali menegaskan jika tak ada lagi yang boleh melakukan pungutan liar di jajarannya. Apapun itu apalagi terkait dana pajak khususnya Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Pedesaan (PBB-P2).

"Tidak boleh ada pungutan liar di Gowa dan saya imbau hati-hati dengan Satgas Saber Pungli karena tim ini bisa menyamar sebagai warga biasa dan jika itu terjadi dan aparat terbukti melakukan pungli, maka saat itu juga karir anda sebagai aparat akan habis sampai disini. Boleh ada retribusi yang kita sudah diatur sesuai SOP yang ada tapi jika itu diluar ketentuan maka tidak boleh ada pungutan tersebut,".

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah Gowa, Ismail Majid mengatakan penyerahan SPPT PBB-P2 ini mulai diserahkan resmi ke masyarakat setelah dilakukan pencetakan massal pada Februari lalu. Jumlah SPPT PBB-P2 yang tercetak saat ini sebanyak 341.675 lembar dengan batas pembayaran 31 Oktober 2017.

Diakhir acara, Adnan sekaligus menjadi pejabat pertama yang melakukan pembayaran disusul ketua DPRD, Sekda, Wakil Bupati yang diwakili, serta seluruh jajaran pejabat lingkup Pemkab Gowa.

Penulis: Waode Nurmin
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved