Toko Kembang Tiga M, Eksis Sejak Tahun 2000, Layani Papan Bunga Hingga Artificial

Hingga diusianya ke 17 tahun, Toko Kembang Tiga M masih eksis di tengah ketatnya penetrasi pasar di kota ini.

Toko Kembang Tiga M, Eksis Sejak Tahun 2000, Layani Papan Bunga Hingga Artificial
TRIBUN TIMUR/NURUL ADHA ISLAMIAH
Direktris Toko Kembang M, Marni Mansyur Matheos 

Laporan Wartawan Tribun Timur Nurul Adha Islamiah

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -Potensi bisnis toko kembang masih cerah di kota Makassar. Menyusul tumbuh suburnya pemesanan bunga sebagai bentuk mengekspresikan perasaan pada momen-momen khusus.

Salah satu pelaku usaha yang masih eksis adalah Toko Kembang Tiga M di Jl Mannuruki 12 No 4A.

Direktris Toko Kembang M, Marni Mansyur Matheos menggarap bisnis ini sejak tahun 2000. Hingga diusianya ke 17 tahun, Toko Kembang Tiga M masih eksis di tengah ketatnya penetrasi pasar di kota ini.

Baca: Jajaran Kelurahan Mannuruki Sambut Lurah Baru

Ia mengaku, salah satu trik bertahan di tengah tantangan adalah memberi kemudahan kepada pelanggan. Misal menyesuaikan produk dengan budget pelanggan. "Kami tidak mematok harga khusus. Biasanya teman-teman atau relasi punya dana sekian, kami menyesuaikan. Biasanya mulai harga Rp 250 ribu," katanya.

Baginya, pantang menolak rezeki dari relasi hanya karena persoalan budget. Pesanan dari pelanggan merupakan sebuah kehormatan khusus.

Kemudian, wanita kelahiran Manado ini menyebut salah satu ciri khas Toko Kembang Tiga M adalah layanan 24 jam.

Layanan yang disiapkan berupa papan bunga ucapan, rangkaian bunga segar, rangkaian bunga artificial, dekorasi kamar pengantin, vas meja, bouquet, parcel, peresmian kantor dan lainnya.

Untuk Artificial, ragam pilihan bunga yang ditawarkan diantaranya mawar, casablanca, anggrek, casablanca, chrysant, aster dan lainnya. Tarifnya bervariasi. Mulai Rp 250 ribu hingga jutaan. Tergantung kebutuhan pelanggan.

Baca: Mahasiswa UNM Juarai Wirausaha Muda Mandiri 2016 Kategori Usaha Sosial di Bogor

Marni turut memasarkan produknya melalui website www.tiga-m-florist.com dan Email Kembangtigam@gmail.com.

Istri H.N Mansyur Saleh ini menyebut inovasi adalah kunci agar bisnis yang digeluti tetap eksis hingga kini. Selain itu menambah wawasan dengan workshop.

"Sering mengikuti workshop internasional. Update karya terbaru, desain dan corak. Melihat karya orang lain. Amati lalu modifikasi dan kombinasikan dengan ide-ide kita. Jangan lupa, untuk merangkai bunga harus disertai mood yang bagus dan bahagia," ungkapnya.

Terakhir, ia mengatakan, jadikan kritikan sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas. Jangan terlalu cepat puas. Dengan mottonya Suka Duka Katakan Dengan Bunga, Marni berharap Tiga M selalu dicintai pelanggan. (*)

Penulis: Nurul Adha Islamiah
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved