Kades Cantik di Bone Ini Dipercaya Pimpin 2.132 Kepala Desa se-Sulsel

Berdasarkan googlemaps, Desa Mattirowalie berjarak 111 kilometer selatan Kota Watampone, ibukota Bone, dengan jarak tempuh perjalanan 2,5 jam.

Kades Cantik di Bone Ini Dipercaya Pimpin 2.132 Kepala Desa se-Sulsel
justang/tribunbone.com
Kepala Desa Mattirowalie, Sri Rahayu Usmi

TRIBUNBONE.COM, TANETE RIATTANG - Kepala Desa Mattirowalie, Kecamatan Bontocani, Bone, Sri Rahayu Usmi (40), merupakan kepala desa perempuan pertama yang menjabat Ketua Asosiasi Kepala Desa Indonesia (Apdesi) Sulsel.

Ayu, sapaannya, memimpin sebanyak 2.132 kepala desa se-Sulsel.

Desa Mattirowalie  termasuk desa terpencil, berada di wilayah pegunungan Bontocani, Bone.

Berdasarkan googlemaps, Desa Mattirowalie berjarak 111 kilometer selatan Kota Watampone, ibukota Bone, dengan jarak tempuh perjalanan 2,5 jam.

"Saya hanya ibu rumah tangga biasa yang kemudian dipercaya jadi kepala desa di wilayah pegunungan Bontocani," kata Sri Rahayu Usmi.

Sri Rahayu Usmi terpilih menjadi Ketua DPD Asosiasi Pemerintahan Desa Indonesia (Apdesi) Sulawesi Selatan periode 2017-2022, pada musyawarah Apdesi Minggu (22/1/2017) lalu.

Baginya, Ketua Apdesi Sulsel merupakan kesempatan memperjuangkan pembangunan desa, sekaligus tantangan menyatukan banyak pikiran.

"Ini tantangan bagi saya dalam memimpin para pemimpin desa, saya memimpin kepala desa yang banyak karakter, dari tua dan yang muda dari saya, semua harus disatukan dalam gerak langkah yang massif agar desa se-Sulsel bisa terangkat bersama," kata Ayu

Akan tetapi, di tengah kesibukannya, tidak pernah lupa kepada keluarga, utama anak-anaknya.

"Komunikasi dengan anak-anak intens dan tetap terjaga, meski lagi diluar, saya tetap berkomunikasi dengan anak di rumah, sesibuk apapun saya, dengan adanya anak-anak yang mensupport dapat menjadikan jiwa saya semakin kuat," kata Ayu.

Halaman
12
Penulis: Justang Muhammad
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved