Soal USBN, Hanya 25 Persen yang Sama

Penyelenggaraan USBN akan dimulai 20-23 Maret 2017 bagi SMA dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 20-22 Maret mendatang.

Soal USBN, Hanya 25 Persen yang Sama
TRIBUN TIMUR/ALFIAN
Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Makassar, Hasbi 

TRIBUN-TIMUR.COM- Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merilis jadwal pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Melalui website resminya penyelenggaraan USBN akan dimulai pada 20-23 Maret 2017 bagi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 20-22 Maret mendatang.

Sedangkan untuk tingkatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan digelar pada 17-19 April 2016 mendatang. Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Makassar, Dr Hasbi, mengatakan jika saat ini proses persiapannya telah berjalan.

Namun Dinas Pendidikan Makassar hanya bertanggung jawab pada penyelenggaraan USBN tingkatan SMP dan SD saja. Sebab tingkat SMA dan SMK telah diambil alih penyelenggaraannya oleh Disdik Sulawesi Selatan.

Hasbi menerangkan untuk persiapan USBN SMP dan SD di Makassar saat ini dalam tahap pemilihan soal ujian. Pada penyelenggaraannya nanti jenis soal akan dibagi dua.

Yakni 25 persen soal dibuat oleh pusat atau Kemendikbud. Sedangkan 75 persen lainnya dibuat oleh Majelis Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk tingkat SMP, dan Kelompok Kerja Guru (KKG) untuk tingkat SD.

"Se-Indonesia nantinya 25 persen soal ujian akan sama, namun 75 persennya berbeda di masing-masing daerah," katanya.'

Berita selengkapnyadapat dibaca pada edisi cetak Harian Tribun Timur, Sabtu (4/3/2017) hari ini. (*)

Editor: Suryana Anas
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved