Breaking News:

Aksi Berantas Pungli di Sulsel

Minta Pengembang Bayar Rp 13 Juta, Pejabat BPN Gowa Jadi Terget OTT Ombudsman

"Kita memang sudah intai setelah korban IMD melaporkan hal itu. Jadi kita buat dia masuk perangkap," ujarnya.

Penulis: Waode Nurmin | Editor: Anita Kusuma Wardana
int
www.tribun-timur.com 

Laporan Wartawan Tribun Timur Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA- Ombudsman bekerjasama dengan tim Irwasda dan Saber Pungli Polda Sulsel, langsung menangkap AMC, seorang sopir pribadi pejabat Kantor Badan Pertanahan (BPN) Gowa Rabu (22/2/2017).

AMC terjaring operasi tangkap tangan (OTT) setelah diintai saat transaksi dengan seorang pengembang perumahan berinisial IMD di Jl. Usman Salengke (depan Pengadilan Negeri Sungguminasa).

Kepala Ombudsman Perwakilan RI Sulsel, Subhan Joer saat dikonfrimasi via ponselnya membenarkan aksi OTT yang dilakukan tiga pihak terkait yakni tim Ombudsman, tim Irwasda dan tim Saber Pungli Polda Sulsel.

"Kita memang sudah intai setelah korban IMD melaporkan hal itu. Jadi kita buat dia masuk perangkap," ujarnya.

Kronologis OTT itu bermula saat AMC bertemu dengan korban di TKP awal. Kemudian tim membuntuti mobil Chevrolet Captiva dengan nomor plat DD 1246 CFG yang dikendarai AMC.

"Ketika sampai di kantor langsung kami amankan. Kita interogasi dan dia mengaku disuruh bos nya yang berinisial RI pejabat di BPN Gowa. Kita amankan amplop yang isinya Rp 13 juta didalamnya," katanya.

Terkuaknya kasus pungli ini berawal ketika IMD melaporkan kasusnya ke Ombudsman, Irwasda dan Saber Pungli Polda.

Setiap kali melalukan pengurusan berkas di BPN, korban selalu saja dimintai uang oleh oknum BPN yang berbeda. Terakhir kemarin pelapor menyerahkan lagi uang sebesar Rp 20 juta tapi lagi-lagi pada oknum BPN yang berbeda.

"Nah yang di OTT hari ini adalah permintaan dana oleh oknum Kasubsi Penetapan sebesar Rp 13 juta namun penyerahannya di luar kantor. Makanya pelapor mengatur siasat untuk melakukan OTT tersebut. Jadi ini bukan suap tapi pungli," tambah Subhan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved