Pakar Kimia, Ri Jong Chol Ramu Racun Penyebab Kematian Kakak Presiden Korut?

Pria yang bernama Ri Jong Chol berumur 46 tahun tersebut merupakan seorang ahli kimia.Lulusan Universitas di Pyongyang, Korea Utara, Tahun 2000

Pakar Kimia, Ri Jong Chol Ramu Racun Penyebab Kematian Kakak Presiden Korut?
MalaysiaToday
Ri Jong Chol 

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM-Pria asal Korea Utara (Korut) yang menjadi salah satu terduga komplotan pembunuh Kim Jong Nam, kakak Presiden Korut Kim Jong Un, ditangkap di Malaysia Jumat (17/2/2017).

Pria yang bernama Ri Jong Chol berumur 46 tahun tersebut merupakan seorang ahli kimia. Tersangka keempat dari pengembangan kasus pembunuhan ini merupakan lulusan universitas di Pyongyang, Korea Utara, tahun 2000.

Kira-kira 10 tahun kemudian dia kemudian mempertajam kemampuannya dalam bidang kimia di Kolkata, India, hingga tahun 2011.

Jong-Chol kemudian kembali ke Pyongyang sebelum dia mendapat tawaran untuk bekerja di di sebuah perusahaan bidang IT yang berbasis di Malaysia.

Ri Jong Chol
Ri Jong Chol (MalaysiaToday)

Berdasarkan latar belakang tersebut, banyak spekulasi muncul menuding Ri Jong Chol lah yang membuat ramuan racun yang disemprotkan ke wajah Kim Jong Nam hingga tewas beberapa waktu lalu.

Dikutip dari The Star Online, Minggu (19/2), salah seorang sumber mengatakan hal tersebut masih dalam penyelidikan polisi Malaysia.

“Penelitian intens untuk membuktikan bahwa Jong Chol sebagai orang yang membuat racun membunuh Jong Nam belum valid. Semua maih dalam tahan penelitian,” katanya.

“Selain soal racun, dia (Ri Jong Chol) masih menjalani investigasi untuk mengorek informasi terkait tiga tersangka lainnya yang masih dicari,” tambahnya.

Terduga kompolotan pembunuh Kim Jong Nam, Ri Jong Chol ditangkap di Malaysia
Terduga kompolotan pembunuh Kim Jong Nam, Ri Jong Chol ditangkap di Malaysia (Spanish.yonhapnews.co.kr)

Jong Chul sendiri diciduk polisi setempat di tempat tinggal sementaranya di sebuah kawasan kondominium Jl Kuchai, Kuala Lumpur, Malaysia.

Saat ditangkap, Jong Chol mengantongi kartu identitas sebagai pekerja sementara Malaysia sekaligus passport Malaysia.

Halaman
12
Editor: Rasni
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved