Peraih Nobel Perdamaian 2012 bakal Bawakan Kuliah Umum di Unhas

“Mendengarkan kuliah umum dari tamu sekelas Mr Barroso ini tentu sangat jarang. Jadi dimanfaatkanlah sebaik-baiknya,” harap Iqbal.

Peraih Nobel Perdamaian 2012 bakal Bawakan Kuliah Umum di Unhas
www.telegraph.co.uk
Jose Manuel Barroso 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Hasrul

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-Peraih Nobel Perdamaian Tahun 2012, Jose Manuel Barroso, dijadwalkan akan memberikan Kuliah Umum di Baruga AP Pettarani, Universitas Hasanuddin (Unhas), Kamis (26/1/2017).

Kuliah Umum tersebut mengangkat tema Pergeseran Pemerintahan Pusat ke Pemerintahan Daerah dan era Globalisasi, Dialog Menuju Budaya Damai.

Mr Barroso menerima nobel perdamaian dalam kapasistasnya sebagai Presiden Uni Eropa tahun 2012. Komisi Uni Eropa ini dinilai telah berkontribusi terhadap kemajuan perdamaian dan rekonsiliasi, demokrasi dan hak asasi manusia di Eropa selama lebih dari enam dekade.

Mr Barroso juga banyak memainkan peranan penting sebagai mediator perjanjian damai di Angola ketika menjabat sebagai Sekretaris Negara untuk Urusan Luar Negeri Portugal, termasuk melakukan diplomasi dengan Indonesia yang memerdekakan Timor Timur (Timor Leste).

Acara tersebut digelar atas kerjasama Unhas, International Peace Foundation dengan BRIDGES diperkirakan akan dihadiri peserta yang memenuhi gedung AP Pettarani membludak.

“Hingga saat ini, yang mendaftar secara on-line saja sudah lebih dari 1.500-an orang,” kata Direktur Kerjasama Internasional, Dr Ir M Iqbal Djawad MSc, Minggu (22/1/2017).

Mantan atase pendidikan di Kedubes Indonesia di Jepang ini mengharapkan agar peserta menghadiri acara ini dengan tertib agar kegiatan berlangsung dengan aman dan lancar.

“Mendengarkan kuliah umum dari tamu sekelas Mr Barroso ini tentu sangat jarang. Jadi dimanfaatkanlah sebaik-baiknya,” harap Iqbal.

Setelah menyelesaikan studinya di bidang Ilmu Hukum Universitas Lisbon dan Diploma bidang ilmu ekonomi dan Sosial Uni Eropa di Universitas Jenewa, banyak terlibat dengan diplomasi internasional, khususnya ketika menjabat sebagai Presiden Uni Eropa.

Perdana Menteri Portugal tahun 2002 ini telah dinugerahi sekitar 30-an gelar doktor kehormatan dari perguruan tinggi di berbagai belahan dunia. Mr Barroso juga penulis ilmiah yang baik di bidang politik. Dia adalah editor pertama dari jurnal Revista de Ciencia Politica.

Penulis: Hasrul
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved