VIDEO: Anggota DPD RI Iqbal Parewangi Sambut Positif Koperasi Syariah 212

Menurut Iqbal, Energi 212 sangat positif bagi Indonesia, dan dianggap sebagai kado indah dari umat Islam bagi Indonesia.

Laporan Wartawan Tribun Timur Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Komite III, AM Iqbal Parewangi menyambut positif dibentuknya koperasi syariah 212 di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Saya sangat menyambut khusus dan memandang ini sangat positif, ini bagus sekali untuk islam dan juga untuk NKRI," kata Iqbal Parewangi yang turut hadir dalam musyawarah pembentukan Koperasi Syariah 212, di Masjid Ikhtiar, Perumdos Universitas Hasanuddin (Unhas), Tamalanrea, Senin (26/12/2016).

Menurut Iqbal, Energi 212 sangat positif bagi Indonesia, dan dianggap sebagai kado indah dari umat Islam bagi Indonesia.

"Nah energi itu harus dijaga keberlangsungannya. Salah satu caranya adalah munculnya partisipasi umat Islam di berbagai daerah di seluruh Indonesia dalam bidang ekonomi. Koperasi Syariah 212 termasuk di Makassar itu, bertujuan untuk bidang ekonomi itu," jelasnya.

Ia melanjutkan, Koperasi 212 Makassar ini termasuk yang akan mendorong pemberdayaan ekonomi umat untuk kejayaan ekonomi bangsa.

"Menariknya lagi memang bahwa di anggaran dasarnya tadi saya lihat, hampir seluruh sektor kehidupan di Indonesia dibuka kemungkinan untuk diolah dan dikelola oleh Koperasi syariah 212," imbuhnya.

Iqbal juga memberi ide kepada panitia. Menurutnya energi 212 itu akarnya pada fatwa MUI, oleh karena itu seluruh bentuk yang menyebut kata 212 itu harus punya sumbangsi nyata kepada MUI.

"Tadi saya usulkan Koperasi Syariah 212 Makassar ini di anggaran dasarnya memberikan alokasi khusus hak terhadap MUI dan disepakati, dalam bentuk setiap sisa hasil usaha dari koperasi setiap tahun atau periode tertentu akan diberikan ke MUI, ini hal baru," jelasnya.

"Jadi bentuknya adalah koperasi ini memiliki komitmen berterima kasih pada akar 212 pada MUI. MUI juga jangan menolak, namanya juga partisipasi dan kontribusi dari umat. MUI tidak menolak tapi MUI juga tidak perlu mengintervensi koperasi ini. Tanda terima kasih yang bagus kan," tutup dia. (*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved