Gempa di Aceh

Usai Salurkan Logistik, BMH Gelar Layanan Kesehatan di Aceh

Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) melakukan berbagai macam bantuan kepada korban.

Usai Salurkan Logistik, BMH Gelar Layanan Kesehatan di Aceh
handover
Sejak hari pertama pasca-bencana gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) melakukan berbagai macam bantuan kepada korban. Laznas BMH yang telah berada di lokasi pada 8 Desember 2016 melakukan realisasi program atas kebesaran hati dan kepercayaan para dermawan, muhsinin, beserta donatur dan muzakki kepada BMH. 

Laporan Wartawan Tribun Timur Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sejak hari pertama pasca-bencana gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) melakukan berbagai macam bantuan kepada korban.

Laznas BMH yang telah berada di lokasi pada 8 Desember 2016 melakukan realisasi program atas kebesaran hati dan kepercayaan para dermawan, muhsinin, beserta donatur dan muzakki kepada BMH.

“Usai membantu proses evakuasi dan penyaluran bantuan logistik dan lain sebagainya, kini BMH mengadakan aksi layanan kesehatan kepada para pengungsi di posko aksi 2 BMH di Desa Deah Teumanah, Kecamatan Trienggading, Pidie Jaya, Aceh,” ungkap Koordinator Aksi Tim Peduli Bencana Nusantara BMH, Ahmad Syakir (13/12/2016).

Desa Teumanah, Trienggading, Pidie Jaya, Aceh merupakan salah satu daerah yang terdampak cukup parah.

Berdasarkan koordinasi BMH dengan BNPB ada 1.039 jiwa (350 KK) yang tinggal di posko pengungsi yang terletak di area Masjid Darul Ihsan.

Mereka berada di tenda pengungsian yang tidak ideal (hanya beratap saja).

“Akibatnya tidak sedikit dari pengungsi yang sudah mulai merasakan gangguan kesehatan, seperti infeksi saluran pernafasan, batuk, demam, sakit perut, diare dan juga gatal-gatal,” terang Syakir.

Kondisi tersebut mendorong BMH bersegera melakukan respon tepat untuk bisa membantu keluhan kesehatan para pengungsi.

“Bekerjasama dengan tim relawan dokter dan perawat dari Islamic Medical Service (IMS) dan Kimia Farma Apotek Unit Bisnis Banda Aceh, Alhamdulillah kegiatan layanan kesehatan kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik,” papar Syakir.

Hingga sekarang, Tim Peduli Bencana Nusantara BMH masih tinggal di posko-posko pengungsian untuk mendampingi pengungsi pada sisi mental spiritualnya yang didatangkan secara khusus dari Jakarta dan Bandung dan dijadwalkan secara bergilir mulai dilakukan pada hari Selasa hinga Jum’at 13 – 16 Desember 2016.

"BMH Sulsel mengucapkan terimakasih atas donasi dari masyarakat Sulsel, donasi yang kami terima sudah disalurkan untuk korban gempa Aceh," kata Markom BMH Sulsel, Fatahillah.

"Bagi yang ingin berdonasi untuk Aceh, Saat ini kami masih menerima dan siap menyalurkan untuk program berkelanjutan di Aceh,
Info 0411-589475. Hp. 085257680003". Ujar Fatah. (*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved