Wagub Sulsel: Tugas dan Fungsi Camat akan Berubah

Agus AN menambahkan, penerapan kebijakan otonomi daerah harus mendorong terjadinya perubahan secara struktural,

Wagub Sulsel: Tugas dan Fungsi Camat akan Berubah
handover
Wagub Sulsel Agus Arifin Nu'mang ketika membuka Forum Group Discusion Peningkatan Kelembagaan Pengelola Kawasan Strategi Nasional Perkotaan Mamminasata di Hotel Sahid, Selasa (22/11/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Timur Abdul Aziz Alimuddin

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang membuka acara kegiatan fasilitasi peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan kecamatan Tahun Anggaran 2016 di Hotel Karebosi Condotel Makassar, Rabu (14/12/2016).

Dalam sambutannya, mantan Ketua DPRD Sulsel itu mengingatkan bahwa daerah memiliki kewenangan membuat kebijakan daerah untuk memberikan pelayanan, peningkatan peran serta, prakarsa, dan pemberdayaan masyarakat yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan menggunakan prinsip otonomi yang nyata dan bertanggung jawab.

Agus AN menambahkan, penerapan kebijakan otonomi daerah harus mendorong terjadinya perubahan secara struktural, fungsional, dan kultural dalam keseluruhan tatanan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

"Jadi salah satu perubahan yang sangat esensial adalah yang berkenan dengan kedudukan, kewenangan, tugas, dan fungsi camat," kata Agus AN dalam rilis yang diterima Tribun, Rabu (14/12/2016).

Menurutnya, dengan adanya perubahan paradigmatik penyelenggaraan pemerintahan daerah akan mengakibatkan pola distribusi kewenangan camat menjadi tergantung pada pendelegasian sebagian kewenangan pemerintahan dari bupati atau wali kota untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah dan penyelenggaraan pemerintahan umum.

"Penyelenggaraan pemerintahan tersebut harus mempunyai implikasi langsung terhadap optimalisasi peran dan kinerja camat dalam upaya pemenuhan pelayanan kepada masyarakat," jelasnya.(*)

Penulis: Abdul Azis
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved