Cegah AIDS, Wagub Sulsel Minta Napza dan Dinas Kesehatan Gandeng Apotik

Pencanangan gerakan 1.000 masyarakat peduli Napza dan HIV/AIDS yang diinisiasi Biro Bina Napza HIV/AIDS Setda Pemprov Sulsel.

Cegah AIDS, Wagub Sulsel Minta Napza dan Dinas Kesehatan Gandeng Apotik
handover
Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang saat pencanangan gerakan 1.000 masyarakat peduli Napza dan HIV/AIDS yang diinisiasi Biro Bina Napza HIV/AIDS Setda Pemprov Sulsel, Kamis (1/12/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Timur Abdul Aziz Alimuddin

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel melalui Biro Bina Napza dan HIV/AIDS dan Dinas Kesehatan Sulsel diminta melakukan kerjasama dengan pemilik Apotek.

"Kerjasama itu akan menekan angka penularan HIV/AIDS. Meminimaalisir penjualan jarum suntik dan obat-obtan yang tidak semestinya dijual bebas," ungkap Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang, Kamis (1/12/2016).

"Saya minta Biro Napza dan Dinas Kesehatan bisa bekerjasama dengan Apotek dan Toko Obat di Sulsel untuk melakukan pengawasan," kata Agus.

Bertepatan dengan peringatan hari AIDS se dunia, Agus juga melakukan pencanangan gerakan 1.000 masyarakat peduli Napza dan HIV/AIDS yang diinisiasi Biro Bina Napza HIV/AIDS Setda Pemprov Sulsel.

"Upaya pencegahan HIV/AIDS harus dikedepankan dan berupaya memberi informasi dan edukasi kepada semua pihak untuk membangun pemahaman yang benar dan komprehensif," jelas Agus.

Agus menjelaskan dalam sepuluh tahun terakhir, jumlah kasus HIV/AIDS secara umum mengalami peningkatan, dan indikator kasus ini sekarang sudah berada pada level enam.

Faktor tertinggi penularan HIV/AIDS, kata Agus, melalui hubungan badan atau seks tidak aman pada heteroseksual (46,2 persen), hubungan sesks sesama jenis/sesama lelaki (24,4 persen), dan penggunaan jarum suntik penasun (3,4 persen).

"Berdasarkan kelompok umur, presentase kasus HIV/AIDS untuk tahun 2015 tertinggi pada kelompok usia 20-29 tahun (32 persen), 30-39 (29,4 persen), 40-49 (11,8 persen), 50-59 (3,9 persen) dan 15-19 (3 persen)," jelas Agus.(*)

 
 

Penulis: Abdul Azis
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved