Juara di GP Valencia Jadi Kado Terakhir Lorenzo untuk Yamaha

GP Valencia merupakan balapan ke-250 Lorenzo sepanjang karier grand prix-nya. Dia menjalani akhir pekan ini dengan indah.

JOSE JORDAN/AFP PHOTO
Pebalap Movistar Yamaha Team asal Spanyol, Jorge Lorenzo, mencium trofi yang didapat setelah memenangi balapan GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (13/11/2016). 

TRIBUN-TIMUR.COM-Pebalap Spanyol, Jorge Lorenzo, menutup sembilan tahun kerja samanya bersama Movistar Yamaha dengan memenangi balapan GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (13/11/2016).

"Saya tidak bisa punya akhir yang lebih baik dalam karier saya bersama Yamaha. Saya beruntung bisa memberikan hadiah terakhir untuk pabrikan yang sudah sangat mendukung saya selama bertahun-tahun," kata Lorenzo yang dilansir Motorsport.com.

GP Valencia merupakan balapan ke-250 Lorenzo sepanjang karier grand prix-nya. Dia menjalani akhir pekan ini dengan indah.

Pada sesi kualifikasi, Sabtu (12/10/2016), dia mencatat rekor putaran tercepat sekaligus mengamankan pole position balapan.

Selepas start, dia langsung memimpin balapan dan tak pernah terkejar hingga balapan berakhir. Dia sempat unggul hampir lima detik dari pabalap lain di posisi kedua.

"Putaran-putaran awal sangat luar biasa. Saya beruntung (Marc) Marquez tertahan di belakang. Jika tidak, akan sulit untuk memenangi balapan karena dia punya kecepatan lebih bagus pada bagian akhir balapan," kata Lorenzo.

Pada putaran-putaran terakhir balapan, Lorenzo mulai mengalami masalah dengan ban, sementara Marquez (Repsol Honda) mulai mendekat.

Lorenzo berhasil mempertahankan posisinya hingga akhirnya menyentuh garis finis, 1,185 detik di depan Marquez.

"Dia mungkin memiliki ban yang lebih baik (kondisinya) karena bagian kiri ban saya sudah rusak. Saya harus berusaha keras karena saya tahu Marc akan berusaha untuk menyerang dengan maksimal," ujar Lorenzo.

"Saya harus sangat hati-hati menghindari hard slide. Lima lap terakhir sangat sulit, terutama di tikungan terakhir," ujar pebalap 29 tahun tersebut.

Lorenzo akan memperkuat Ducati Team pada MotoGP 2017. Dia akan mencoba Desmosedici GP pada tes pasca-musim di Sirkuit Ricarco Tormo, 15-16 November.(*)

Berita ini sebelumnya terbit di Kompas.com dengan judul Lorenzo dan Hadiah Terindah untuk Yamaha

Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved